Bintang Drama Misaeng, Tetap Sederhana di Tengah Sensasi

Misaeng adalah drama Korea bertema kehidupan perkantoran berbudget rendah dan tanpa diperkuat bintang besar, namun berhasil mencetak keuntungan terbesar dalam hampir 20 tahun sejarah drama kabel. Serial ini menjual habis spot iklan di setiap episode dan diperkirakan mendapatkan keuntungan 3 miliar won dari penjualan video-on-demand saja.

Pemeran Misaeng

Hampir semua aktor dan aktris dalam drama, baik pemeran utama ataupun pembantu, menerima pujian dari pemirsa atas penggambaran realistisnya tentang kehidupan orang-orang kantoran yang terpengaruh  perebutan kekuasaan dalam sebuah perusahaan Korea yang khas.

Namun keuntungan terbesar dari serial ini didapat penyanyi sekaligus aktor Yim Si-wan, yang melakukan debutnya pada tahun 2010 sebagai anggota boyband K-pop ZE:A.

“Saya merasa seperti menjadi batu tak penting dalam permainan Go (permainan tradisional China) ketika saya memulai debut sebagai anggota ZE:A,” kata Yim selama event media baru-baru ini yang diselenggarakan akhir bulan lalu di sebuah restoran yang terletak di Distrik Mapo, pusat kota Seoul.

Yim memainkan karakter utama, Jang Geu-rae

Foto Yim Si-wan
Yim Si-wan

Jang menghabiskan tahun-tahun awalnya dengan bermain Go. Dia pernah menjadi pemain elit yang menjanjikan dalam permainan itu, namun gagal untuk menandatangani kontrak dengan tim profesional. Sebaliknya, ia menemukan pekerjaan sementara di sebuah perusahaan perdagangan.

Dalam komunitas karyawan berkualitas yang dapat berbicara hingga empat bahasa yang berbeda, lulusan SMA ini sering kurang dihargai tidak peduli seberapa baik ia bekerja. Dan masa depannya selalu tidak pasti.

Kritikus mengatakan keberhasilan drama ini berasal dari karakter utamanya karena pemirsa seolah melihat diri mereka sendiri. Judul drama ini, yang berarti “keadaan tidak lengkap,” juga berasal dari permainan Go. Dalam drama, istilah ini mengacu pada orang-orang biasa di tempat kerja yang seperti hutan rimba.

Karena jumpa pers ini adalah penampilan resmi pertama Yim setelah drama Misaeng berakhir, kerumunan wartawan berbondong-bondong ke restoran untuk mendengar apa yang akan dikatakan aktor ini tentang peran yang mengubah hidupnya tersebut. Karena popularitas besar Misaeng, Yim telah menandatangani kontrak untuk mendukung 10 produk yang berbeda -dari pakaian dan keuangan hingga minuman dan mobil.

Meskipun mendapat sambutan hangat tentang karakter utama, penyanyi berusia 27 tahun itu mengatakan ia tidak puas dengan aktingnya di serial drama laris ini.

“Saya tidak berpikir bahwa saya telah diterima sebagai aktor dalam drama seri ini,” kata Yim. “Sebaliknya, saya merasa telah menghabiskan semua hal di dalam ketika syuting… Di paruh kedua drama, saya merasa seperti sudah mencapai batas akting saya.”

Yim teringat ketika pertama kali ia menerima skenario drama Misaeng, “Saya berpikir ‘saya bisa bersenang-senang dalam drama ini,” tapi kemudian saya menyadari bahwa ini bukan sesuatu yang bisa saya dekati dengan mudah. Akhirnya, saya tahu saya adalah ‘misaeng’ dalam hal akting.”

Yim tetap merendah di seluruh acara jumpa pers, “Pada awal drama, saya pikir saya sempurna untuk memerankan Jang Geu-rae, tapi saya sadar saya salah saat drama berjalan,” katanya.

“Saya kemudian menyadari bahwa pemirsa bisa terhubung dengan Jang bukan karena akting saya, tapi karena mereka sudah menjadi Jang di kehidupan nyata mereka. Saya akan mengatakan bahwa saya sekitar 80 persen mirip dengan dia.”

(Lihat profil para pemain utama drama ini di sini)

Komentar Anda