Peristiwa Penting yang Terjadi pada Tanggal 30 Desember

Kilas Balik – Berikut adalah beberapa kejadian besar dalam sejarah yang terjadi di seluruh dunia pada tanggal 30 Desember:

Kilas Balik Desember

2006: Mantan diktator Irak, Saddam Hussein, yang telah dinyatakan bersalah dalam pengadilan Irak atas kejahatan terhadap kemanusiaan, dieksekusi dengan digantung.

2004: Sebuah kebakaran di klub malam di Buenos Aires merenggut nyawa lebih dari 175 orang dan melukai lebih dari 700 orang; itu adalah salah satu bencana terburuk dalam sejarah Argentina.

1972: Selama Perang Vietnam, “pemboman Natal” atas Vietnam Utara selama 12 hari yang dilakukan oleh Amerika Serikat berakhir; perundingan perdamaian dilanjutkan 9 hari kemudian.

1947: Di Rumania, monarki dihapuskan dan republik komunis didirikan.

1922: Uni Republik Sosialis Soviet diproklamasikan, yang terdiri atas Rusia, Ukraina, Republik Transkaukasia (Armenia, Azerbaijan, dan Georgia), dan Belarusia (sekarang Belarus).

1903: Sebuah kebakaran di Teater Iroquois di Chicago menewaskan sekitar 600 orang dalam waktu 15 menit; bencana ini, salah satu yang terburuk dalam sejarah AS, membuat AS memperketat aturan kebakaran untuk teater.

Komentar Anda