Aneh, China Tiba-tiba Memblokir Semua Akses ke Gmail

China memblokir semua akses ke Gmail, layanan email Google, menurut perusahaan analisis internet Dyn Research. Laporan ini muncul di media sosial, khususnya Reddit dan Twitter, bahwa Gmail diblokir di China sehari setelah Natal. Dyn Research telah mengkonfirmasi pemblokiran tersebut.

Gambar Gmail

“China memiliki sejumlah cara untuk memblokir konten (internet). Salah satu cara yang paling kasar adalah dengan memblokir alamat IP, dan ketika Anda melakukannya, Anda memblokir semua konten yang tersedia di IP tersebut,” kata Earl Zmijewski, wakil presiden Dyn Research pada Mashable.

Perusahaan ini telah mengkonfirmasi alamat IP di Hong Kong yang digunakan untuk mengakses Gmail semuanya telah diblokir. Satu-satunya cara bagi warga China untuk mengakses Gmail pada saat ini hanyalah menggunakan virtual private network (VPN), yang mengarahkan koneksi internet pengguna melalui server yang berlokasi di negara-negara lain. Baik China maupun Google belum berkomentar tentang mengapa layanan email ini diblokir atau apa yang akan dilakukan.

Sensor China terhadap Internet telah lama dikenal, dan tahun lalu ditemukan bahwa Twitter versi China, Weibo, dapat menghapus postingan kontroversial secara real time. China juga memblokir Instagram di Hong Kong selama protes pada bulan September.

Komentar Anda