Peristiwa Penting yang Terjadi pada Tanggal 28 Desember

Kilas Balik – Berikut adalah beberapa kejadian besar dalam sejarah yang terjadi di seluruh dunia pada tanggal 28 Desember:

Kilas Balik Desember

1958: Baltimore Colts mengalahkan New York Giants dalam pertandingan football yang hingga saat ini masih disebut sebagai “pertandingan terbesar yang pernah dimainkan.” Pertandingan ini mengubah cara publik Amerika menonton football profesional pada khususnya dan olahraga pada umumnya.

1908: Kota Messina di Sisilia hampir hancur oleh gempa bumi terburuk yang tercatat di Eropa, di mana sebanyak 160.000 orang di Sisilia dan di daratan Italia tewas.

1895: Lumière bersaudara menunjukkan proyektor Cinématographe mereka di hadapan penonton berbayar di Paris, menampilkan 10 film pendek mereka sendiri; peristiwa ini menandai awal dari bioskop publik.

1832: John C. Calhoun menjadi wakil presiden pertama Amerika Serikat yang mengundurkan diri ketika advokasinya tentang hak negara untuk menolak atau membatalkan undang-undang federal selama kontroversi pembatalan membuatnya bertentangan dengan Presiden Andrew Jackson.

1816: American Colonization Society (ACS), yang misinya adalah untuk memukimkan orang kulit hitam Amerika bebas di Afrika Barat, didirikan; organisasi ini mendirikan koloni Liberia, yang pada tahun 1847 menjadi negara merdeka.

1734: Rob Roy, Robert Roy MacGregor, biasanya dikenal sebagai Rob Roy, pahlawan rakyat Skotlandia yang terkenal dan penjahat dari awal abad ke-18, yang kadang-kadang dikenal sebagai Robin Hood Skotlandia, meninggal dunia.

Komentar Anda