Maroko Larang Pemutaran Film Exodus: Gods and Kings

Maroko mengeluarkan larangan terhadap film epos Alkitab Exodus: Gods and Kings hanya satu hari sebelum film blockbuster Hollywood itu diputar, menurut laporan media pada Kamis kemarin. Tidak jelas mengapa para pejabat memutuskan untuk melarang film yang telah diberi lampu hijau oleh Moroccan Cinema Centre (CCM) yang dikelola negara, yang menerapkan semua aturan mengenai industri hiburan Maroko.

Foto Film Exodus

Manajer bioskop mengatakan mereka menerima instruksi “verbal” dari CCM agar tidak memulai screening film seperti yang direncanakan pada hari Rabu, menurut situs berita media24. Lainnya mengatakan bahwa pejabat CCM telah memberitahu mereka tentang larangan itu secara pribadi.

Hassan Belkady, yang menjalankan Cinema Rif di Casablanca, mengatakan pada media24 bahwa ia mendapat ancaman bisnisnya akan ditutup jika menolak menerapkan larangan tersebut. “Mereka menelepon dan mengancam akan menutup bioskop jika saya tidak mengeluarkan film ini dari jadwal,” kata Belkady.

Manajer bioskop Renaissance di Rabat mengatakan mereka diberitahu larangan itu secara nasional, sebagaimana dilaporkan majalah TelQuel. Sementara itu, kepala CCM, Sarim Fassi Fihri, menolak mengomentari keputusan ini.

Blockbuster kolosal karya Ridley Scott ini dibintangi oleh Christian Bale yang memerankan karakter Musa dan menceritakan kembali eksodus atau hijrahnya dari Mesir. Musa adalah tokoh penting yang dihormati oleh orang-orang Islam, Yahudi, dan Kristen. Umat Islam menganggap Musa adalah nabi dan Islam menentang penggambaran nabi-nabinya.

Komentar Anda