Drama Korea 2014: Hubungan Antara Hak Siar & Popularitas

Bahkan sebelum drama Korea tayang perdana, perusahaan produksi dan stasiun penyiaran mulai mempromosikan drama mereka dengan tajuk ‘Exporting Publication Rights’, dan sebagai hasilnya, banyak selebriti papan atas Korea muncul dalam drama tersebut dan meningkatkan harganya.

Popularitas Drama Korea 2014

Menurut laporan bntnews.co.uk, drama My Love from the Star menjadi pemicu untuk menjual hak publikasi atau hak siarnya ke negara-negara lain, khususnya ke China. Perusahaan produksi drama menjualnya ke China sebesar 35.000 dolar AS per episode pada awalnya, tetapi karena drama ini menjadi megahit, drama lain mendapat keuntungan lebih.

Sebagai catatan, drama Doctor Stranger dibandrol 70.000 dolar AS, Fated to Love You 120.000 dolar AS, My Lovely Girl 200.000 dolar AS dan Pinocchio 280.000 dolar AS per episode. Bisa disimpulkan bahwa My Love from the Star telah mengubah pasar drama Korea di China.

Namun, akankah drama eksporan bisa sesukses serial My Love from the Star di China? Ada beberapa tanda tanya dalam hal ini; entah drama ini memiliki efek gelombang yang besar atau tidak dan seberapa lama popularitasnya akan bertahan.

Drama Hallyu, apakah semuanya populer saat hak siarnya diekspor?

Drama Korea berjuang keras di sepanjang tahun 2014. Meskipun banyak selebriti top yang dimainkan, sebagian besar dari mereka tidak bisa berhasil di Korea. Namun, mulai dari My Love from the Star, orang-orang di China mulai mencurahkan perhatian mereka ke berbagai drama Korea.

Menurut majalah Zhi Dian China Hubei Daily, popularitas ‘Chimaek (ayam + bir)’ dan mobile messenger LINE meningkat. Selain itu, buku The Miraculous Journey of Edward Tulane, yang dibacakan Do Min-joon dalam drama ini terjual lebih dari 50.000 eksemplar dalam waktu 15 hari. Saat itu megadrama My Love from the Star benar-benar menjadi isu panas.

Setelah itu, SBS mengekspor drama My Lovely Girl ke China bahkan sebelum episode pertama ditayangkan sebesar 200.000 dolar AS. Secara khusus, banyak orang menunggu drama ini karena dua pemeran utamanya, Jung Ji-hoon (Rain) dan Krystal dari girlband f(x).

Namun, drama ini tidak meledak sedahsyat My Love from the Star. Salah satu penggemar Rain di China mengatakan, “Drama ini tidak sebagus seperti yang saya harapkan. Tapi, saya tetap melihatnya karena Rain muncul” dan ia memberikan pendapat sinis tentang hal itu.

Selain itu, drama My Lovely Girl mendapat kunjungan 100 juta view di situs video China Youku Tudou hanya dalam 19 hari. Tapi 100 juta view tidak ada apa-apanya jika dibandingkan dengan My Love from the Star yang mendapat 2,5 miliar view.

Karena biaya mengekspor hak drama belum tentu sebanding dengan popularitasnya, Anda dapat dengan mudah mengerti bahwa orang-orang di China tidak menyukai semua drama Korea. Mereka hanya tertarik pada drama dan selebriti Korea tertentu.

Namun, seorang narasumber dari Drama Production Company berkata, “Meskipun drama hari-hari ini tidak terlalu sukses di Korea, kita mendapatkan keuntungan dari ekspor, sehingga ini jadi suatu keharusan ketimbang suatu pilihan.”

Akankah popularitas drama Korea bertahan hingga 2015 di China?

Menurut Wall Street Journal pada September lalu, pemerintah China berencana untuk membatasi konten asing hingga 30% dari situs video streaming. Dengan demikian, drama Korea mungkin tidak akan meledak tahun depan karena kebijakan tersebut.

China telah membatasi isi konten asing di televisi, tetapi tidak di Internet. Jadi, Youku Tudou, Sohu, dan situs video lainnya telah membeli konten asing, memberi sub judul, dan mengupdatenya sesegera mungkin untuk memberikan konten yang cepat.

Dalam acara ‘Korea UHD Festival 2014’ yang diselenggarakan oleh Departemen Ilmu, ICT, dan Perencanaan Masa Depan pada tanggal 19 Desember lalu, 38 perusahaan produksi drama dan media dari Korea dan China hadir. Dalam acara tersebut, perusahaan-perusahaan China menyebutkan bahwa mereka sedang sibuk mencari mitra untuk mengembangkan kontennya, yang berarti popularitas drama Hallyu akan terus berlanjut untuk saat ini.

Selain itu, drama Korea saat ini fokus pada pembicaraan seputar masyarakat Korea dan elemen profesional, bukan kisah cinta biasa. Saat drama-drama berubah di Korea, hal ini menjadi sesuatu yang baru di China dan menyegarkan bagi Hallyu.

Khususnya, situs ulasan terbesar China, Douban.com, memberikan penilaian 9,3 dari 10 untuk drama Misaeng dan 8,4 untuk My Love from the Star. Ini berarti bahwa harus ada perkembangan lebih lanjut tentang konten dan cerita baru drama Hallyu pada tahun 2015. Bisakah? Kita lihat saja perkembangannya.

Komentar Anda