Tiga Larangan Setelah Melakukan Donor Darah

Bila Anda menyumbangkan darah, Anda benar-benar telah menyelamatkan nyawa seseorang. Proses donor darah cepat, nyaman, dan menyebabkan relatif sedikit rasa sakit. Namun, ada beberapa larangan setelah Anda mengambil 250 cc – 300 cc darah dari tubuh Anda dalam waktu 20 menit.

Gambar Donor Darah

Itulah sebabnya mengapa American Red Cross (Palang Merah Amerika) memiliki pedoman pasca-donor darah. Jika Anda mengabaikan saran ini, Anda akan mendapat pengalaman donor darah yang kurang menyenangkan.

1. Olahraga

Tubuh Anda membutuhkan beberapa hari untuk mengganti jumlah darah yang didonorkan. Bahkan jika Anda merasa kuat setelah mendonorkan darah, Anda tidak bisa memaksa tubuh Anda untuk secara aman mengedarkan darah yang diperlukan untuk olahraga kardiovaskular beberapa jam setelah mendonor darah. Mengabaikan nasihat ini dapat menyebabkan pusing atau bahkan pingsan. Jadi bersantailah dan nikmati saat-saat setelah mendonor darah dengan beristirahat.

2. Mengabaikan saran hidrasi

83 persen dari darah Anda terbuat dari air. Inilah sebabnya mengapa American Red Cross menyarankan minum 16 ons (473 ml) air sebelum dan sesudah proses donor untuk mulai mengairi tubuh Anda. Kegagalan dalam menghidrasi tubuh dapat menyebabkan ketidakseimbangan elektrolit, mual, dan sakit kepala. Minum jus jeruk gratis yang disediakan sesudahnya oleh penyelenggara donor darah untuk membantu tubuh Anda pulih dengan cepat.

3. Mengabaikan saran makanan

Memakan makanan yang sehat sebelum menyumbangkan darah dan menikmati camilan yang baik setelahnya akan membantu tubuh Anda membangun kembali energi yang hilang dan pulih lebih cepat. Makan sesuatu yang rendah lemak, seperti salad, sebelum menyumbangkan darah, diikuti sereal sesudahnya akan menjaga tubuh Anda tetap berenergi dan mencegah pusing atau pingsan.

Komentar Anda