5 Cara Mempertahankan Kesegaran Buah Pisang

Pisang adalah salah satu buah paling populer di dunia. Mengonsumsi pisang secara teratur akan membantu meningkatkan kesehatan seseorang dalam beberapa cara. Di samping itu, daging buah pisang yang lembut dan mengenyangkan memiliki rasa yang manis dan lezat. Namun pisang juga dikenal sebagai buah yang agak sulit dipertahankan kesegarannya, terutama saat harus dikirim ke tempat yang jauh.

Buah pisang

Kali ini kami akan membagikan lima tips yang bisa Anda gunakan untuk menjaga agar pisang senantiasa segar. Mari kita simak bersama.

1. Beli pisang hijau

Alih-alih membeli pisang yang sepenuhnya matang, yakni pisang kuning, belilah pisang kehijauan yang sedikit matang. Anda dapat menyimpannya pada suhu kamar. Perlahan-lahan, pisang hijau akan matang dalam beberapa hari. Ketika Anda membeli pisang matang, Anda harus mengkonsumsinya dalam waktu 2 – 3 hari. Pilih pisang hijau yang keras tanpa bintik-bintik gelap atau lecet pada kulitnya karena pisang semacam ini bisa disimpan lebih lama tanpa perlu pembekuan.

2. Simpan pisang dengan benar

Keluarkan pisang dari kantong plastik segera setelah Anda sampai di rumah. Pisang yang disimpan dalam tas (tas kresek, tas kertas) akan lebih cepat matang. Pisang yang terkena suhu kamar akan matang lebih lambat dan merata. Pastikan pisang tidak terkena paparan panas atau sinar matahari langsung. Letakkan pisang jauh dari kompor, pemanas, dan jendela. Simpan dalam tempat berventilasi, sejuk, dan gelap.

3. Simpan pisang matang di kulkas

Jika Anda sedang tidak terburu mengkonsumsi pisang matang, tempatkan saja dalam kantong plastik, tutup, dan simpan di lemari es. Kulitnya mungkin akan menggelap, tetapi dagingnya tidak akan terpengaruh. Ambil pisang dari kulkas beberapa jam sebelum Anda menyantapnya, taruh di tempat bersuhu kamar, kemudian segera makan. Anda dapat menyimpan pisang matang dalam kulkas setidaknya untuk satu minggu.

4. Jauhkan dari buah-buahan lain

Tempatkan pisang jauh dari buah matang lainnya. Hal ini dapat membantu menunda proses pematangan. Buah yang matang akan menghasilkan etilen, dan buah-buahan mentah akan matang lebih cepat bila terkena etilen. Hal ini berlaku juga untuk buah pisang.

5. Bungkus batang

Bungkus batang (mahkota) pisang dalam bungkus plastik untuk mencegah keluarnya etlen dari batang. Cara ini juga bisa mencegah penguapan air dan penyerapan etilen yang dilepaskan oleh buah-buahan di dekatnya, sampai batas tertentu. Anda dapat membungkusnya dengan plester atas bungkus plastik. Jika ingin, Anda juga dapat membungkus batang dengan foil. Setiap kali Anda mengambil pisang dari kelompok itu, Anda harus membungkusnya kembali dengan hati-hati. Cara ini akan membantu pisang tetap segar lebih lama.

Komentar Anda