Peristiwa Penting yang Terjadi pada Tanggal 23 Desember

Kilas Balik – Berikut adalah beberapa kejadian besar dalam sejarah yang terjadi di seluruh dunia pada tanggal 23 Desember:

Kilas Balik Desember

1986: Pesawat ultra ringan AS, Voyager, diterbangkan oleh Dick Rutan dan Jeana Yeager, menyelesaikan penerbangan keliling dunia nonstop pertama, mendarat di Edwards Air Force Base, California; penerbangan “pertama” ini membutuhkan waktu 9 hari, 3 menit, 44 detik.

1972: Gempa bumi di Managua, Nikaragua, mengakibatkan kerusakan luas dan merenggut 10.000 nyawa.

1948: Tojo Hideki, perdana menteri Jepang (1941-1944) selama Perang Dunia II dan salah satu pendukung terkemuka ekspansi militer Jepang, digantung setelah tebukti bersalah atas kejahatan perang.

1947: Transistor pertama ditunjukkan kepada para bos di Bell Telephone Labs oleh John Bardeen, Walter Brattain, dan William Shockley, yang mendapat Nobel 1956 dalam fisika karena menciptakan itu.

1941: Wake Island jatuh ke tangan Jepang selama Perang Dunia II.

1920: Parlemen Inggris mengeluarkan UU Pemerintah Irlandia, di mana Irlandia seharusnya menerapkan pemerintahan dalam negeri sebagai dua entitas yang terpisah, Irlandia Utara dan Irlandia Selatan, masing-masing dengan parlemen sendiri; UU itu menjadi dasar pemerintahan di Irlandia Utara di sebagian besar abad ke-20, tapi ditolak oleh Selatan.

Komentar Anda