Tokoh Besar Dunia yang Lahir pada 17 Desember

Kelahiran 17 Desember – Berikut adalah nama-nama tokoh besar dunia yang lahir pada tanggal 17 Desember:

Foto Willard Libby
Willard Libby

1778: Sir Humphry Davy, kimiawan Inggris yang menemukan lampu keselamatan bagi penambang dan merupakan orang pertama yang menerapkan arus listrik untuk mengisolasi logam alkali dan logam alkali tanah.

1787: Jan Evangelista Purkinje, ahli fisiologi Ceko yang memberikan kontribusi untuk pemahaman tentang mata dan penglihatan dengan penemuannya bahwa saat intensitas cahaya berkurang, sensasi merah memudar lebih cepat dari biru (efek Purkinje).

1797: Joseph Henry, fisikawan Amerika yang dikenal atas penemuan induksi elektromagnetik.

1853: Pierre Paul Émile Roux, dokter dan bakteriolog Perancis yang menunjukkan bahwa racun adalah zat aktif dalam memproduksi difteri.

1891: Hu Shi, reformis sastra China yang pembelaannya terhadap penggunaan tertulis huruf China nonformal di atas huruf China klasik memicu revolusi sastra China dari tahun 1920-an.

1894: H.A. Kramer, ahli fisika teoritis Belanda yang berkontribusi terhadap pemahaman ilmiah modern dari berbagai fenomena, termasuk perilaku cahaya.

1908: Willard Libby, ahli kimia fisik Amerika yang terkenal karena perannya dalam pengembangan penanggalan radiokarbon, sebuah proses yang merevolusi arkeologi.

Komentar Anda