Peristiwa Penting yang Terjadi pada Tanggal 17 Desember

Kilas Balik – Berikut adalah beberapa kejadian besar dalam sejarah yang terjadi di seluruh dunia pada tanggal 17 Desember:

Kilas Balik Desember

1996: Sekelompok gerilyawan Gerakan Revolusioner Tupac Amaru Marxis menyita kediaman duta besar Jepang di Lima dan menyandera beberapa ratus orang; pendudukan itu berlangsung hingga tanggal 22 April 1997 ketika pasukan keamanan menyerbu kompleks Peru.

1969: Angkatan Udara AS menutup Proyek Blue Book-nya terhadap benda terbang tak dikenal (UFO), menyimpulkan dari laporan studi 21 tahun bahwa tidak ada bukti bahwa UFO itu berasal dari luar angkasa.

1939: Selama Perang Dunia II, kapal perang Jerman Graf Spee, yang terjebak di Montevideo setelah Pertempuran Río de la Plata, ditenggelamkan oleh awaknya; kapal itu telah menenggelamkan sembilan kapal Sekutu di samudera Atlantik Selatan dan Hindia.

1914: Selama Perang Dunia I, Inggris menyatakan protektorat atas Mesir (saat itu masih bagian dari Kekaisaran Ottoman) dan mulai menggerakkan pasukan di sana untuk mempertahankan Terusan Suez.

1903: Orville dan Wilbur Wright melakukan penerbangan kemudi pertama yang sukses dengan sebuah pesawat bertenaga mesin di pantai berangin di Kitty Hawk, NC; Orville menjadi pilot, dan penerbangan berlangsung kurang dari satu menit.

1830: Simon Bolivar, pemimpin gerakan kemerdekaan dalam apa yang dikenal sebagai negara Bolivarian (Venezuela, Kolombia, Ekuador, Peru, dan Bolivia), meninggal dunia.

Komentar Anda