Peristiwa Penting yang Terjadi pada Tanggal 16 Desember

Kilas Balik – Berikut adalah beberapa kejadian besar dalam sejarah yang terjadi di seluruh dunia pada tanggal 16 Desember:

Kilas Balik Desember

1998: Amerika Serikat dan Inggris meluncurkan serangan udara dan rudal beberapa hari terhadap sasaran keamanan dan militer di Irak; Aksi ini dipicu oleh pemblokiran Saddam Hussein terhadap inspeksi senjata PBB, dan para inspektur ditarik pada saat ini, tidak kembali sampai sesaat sebelum Perang Irak tahun 2003.

1965: NASA meluncurkan Pioneer 6, yang pertama dalam serangkaian pesawat antariksa baru yang dirancang untuk memantau jilatan api matahari, sinar kosmik, partikel bermuatan, dan fenomena lainnya.

1944: Selama Perang Dunia II, jenderal Jerman Gerd von Rundstedt meluncurkan serangan balasan yang dikenal sebagai Pertempuran Bulge; dengan seperempat juta pasukan dan tenaga panzer besar, ia memukul garis pusat Sekutu di daerah Ardennes.

1920: Gempa kolosal (berkekuatan 8.6) di provinsi Gansu, China, menewaskan 100.000 orang.

1773: Orang-orang Boston melemparkan 342 peti besar teh ke pelabuhan sebagai protes terhadap Boston Tea Party.

1653: Sekelompok perwira tentara Inggris menyusun konstitusi tertulis, Instrumen Pemerintah, yang membuat Oliver Cromwell menjadi tuan pelindung Inggris, Skotlandia, dan Irlandia.

Komentar Anda