Peristiwa Penting yang Terjadi pada Tanggal 13 Desember

Kilas Balik – Berikut adalah beberapa kejadian besar dalam sejarah yang terjadi di seluruh dunia pada tanggal 13 Desember:

Kilas Balik Desember

2003: Mantan penguasa Irak Saddam Hussein ditangkap oleh pasukan AS delapan bulan setelah penggulingannya dalam Perang Irak.

1981: Di Polandia, pemerintah Komunis yang dipimpin oleh Wojciech Jaruzelski memberlakukan darurat militer, melarang gerakan buruh Solidaritas dan menangkap para pemimpinnya; darurat militer berlangsung sampai tahun 1983.

1937: Kota China Nanjing (Nanking) jatuh ke Jepang selama Perang Sino-Jepang Kedua; dengan demikian memulai apa yang kemudian disebut “Pemerkosaan kota Nanjing.”

1916: Di medan Mesopotamia dalam Perang Dunia I, Inggris di bawah Sir Frederick Maude mulai menggerakkan 166.000 orang (dua-pertiga dari mereka adalah orang India) sampai ke kedua tepi Sungai Tigris.

1642: Abel Janszoon Tasman, navigator Dutch East India Company, menjadi orang Eropa pertama yang menemukan wilayah yang sekarang disebut Selandia Baru.

1577: Sir Francis Drake berlayar dari Plymouth, Inggris, dengan lima kapal kecil dalam ekspedisinya (yang kedua dalam sejarah) untuk mengelilingi dunia.

Komentar Anda