Peristiwa Penting yang Terjadi pada Tanggal 10 Desember

Kilas Balik – Berikut adalah beberapa kejadian besar dalam sejarah yang terjadi di seluruh dunia pada tanggal 10 Desember:

Kilas Balik Desember

1998: Awak misi Space Shuttle ke-93, setelah menghubungkan modul U.S. Unity ke Zarya Rusia, memasuki Stasiun Luar Angkasa Internasional untuk pertama kalinya.

1996: Hampir tiga tahun setelah pemilu demokratis multiras telah mengubah Afrika Selatan secara politik, konstitusi liberal baru Afrika Selatan disahkan menjadi undang-undang oleh Presiden Nelson Mandela di Sharpeville.

1948: Majelis Umum PBB mengadopsi Deklarasi Universal Hak Asasi Manusia.

1941: Selama Perang Dunia II, kapal perang Inggris Prince of Wales dan kapal penjelajah tempur Repulse, yang telah berlayar dari Singapura saat tersiar kabar pendaratan Jepang di Malaya, ditenggelamkan oleh pesawat Jepang sekitar 150 mil (240 km) di laut lepas.

1901: Ulang tahun kelima kematian Alfred Nobel (1833-1896), Hadiah Nobel pertama untuk fisika, kimia, fisiologi atau kedokteran, sastra, dan perdamaian diberikan di Stockholm, Swedia, kampung halaman Nobel.

1898: Perang Spanyol-Amerika berakhir dengan Perjanjian Paris, di mana Spanyol menyerahkan Puerto Rico, Guam, dan Filipina ke Amerika Serikat dan memberikan kemerdekaan pada Kuba.

Komentar Anda