Peristiwa Penting yang Terjadi pada Tanggal 8 Desember

Kilas Balik – Berikut adalah beberapa kejadian besar dalam sejarah yang terjadi di seluruh dunia pada tanggal 8 Desember:

Kilas Balik Desember

1991: Uni Republik Sosialis Soviet (USSR), negara adidaya komunis, tidak ada lagi; perpecahan ini menelurkan 15 negara dengan budaya dan asal-usul agama dan etnis yang berbeda.

1987: Intifada (pemberontakan) pertama warga Palestina terhadap pemerintahan Israel dimulai di Jalur Gaza.

1980: John Lennon, yang dianggap sebagai personel The Beatles paling intelektual dan paling vokal, ditembak mati oleh Mark David Chapman, seorang mantan pasien jiwa, di luar gedung apartemen Dakota di New York City.

1917: Selama Perang Dunia I, Jenderal Inggris Edmund Allenby mengusir orang Turki dari Yerusalem; Pasukan Inggris menduduki kota itu hari berikutnya.

1953: Presiden AS Dwight D. Eisenhower menyampaikan pidatonya “Atom untuk Perdamaian” di depan PBB; ia mengumumkan deklasifikasi banyak data terkait nuklir untuk mendorong penggunaan damai energi nuklir.

1941: Sehari setelah serangan kejutan Jepang terhadap pangkalan Pasifik Amerika Serikat di Pearl Harbor, Presiden Franklin D. Roosevelt memintakan Kongres sebuah deklarasi resmi perang terhadap Jepang, menandai masuknya AS ke dalam Perang Dunia II.

1854: Paus Pius IX memproklamirkan dogma Dikandung Tanpa Noda (Immaculate Conception) Maria (ibu Yesus Kristus), yang berarti bahwa Maria bebas dari dosa asal dari saat pembuahannya; hari ini adalah hari raya Dikandung Tanpa Noda untuk penganut Katolik Roma.

Komentar Anda