Peristiwa Penting yang Terjadi pada Tanggal 6 Desember

Kilas Balik – Berikut adalah beberapa kejadian besar dalam sejarah yang terjadi di seluruh dunia pada tanggal 6 Desember:

Kilas Balik Desember

1992: Militan Hindu merobohkan masjid bersejarah di kota India Ayodhya, memicu kekerasan antara masyarakat Hindu dan Muslim di mana lebih dari 3.000 orang tewas di seluruh India.

1957: Usaha pertama AS untuk menempatkan satelit di orbit bumi gagal dan berbuah malapetaka ketika roket U.S. Navy Vanguard meledak di landasan peluncuran di Cape Canaveral.

1941: Selama Perang Dunia II, Jenderal Soviet Georgy Zhukov memulai serangan balasan yang memaksa pasukan Jerman yang terkejut dan kelelahan kembali dari pinggiran kota Moskow; dalam perjalanan musim dingin ia mendorong mereka 40 mil (64 km) keluar dari ibukota Soviet.

1921: Para pemimpin Sinn Fein Irlandia Arthur Griffith dan Michael Collins menandatangani perjanjian dengan pemerintah Inggris yang memberi Irlandia Selatan status dominion (dan kemudian kemerdekaan virtual dari Inggris) sebagai Negara Bebas Irlandia; perjanjian itu ditolak oleh faksi Sinn Fein yang dipimpin oleh Eamon de Valera, dan perang saudara terjadi.

1917: Sebuah tabrakan terjadi di pelabuhan Halifax (Nova Scotia) antara sebuah kapal barang Norwegia dan Perancis, yang terakhir membawa kargo bahan peledak, menyebabkan ledakan yang menghancurkan sebagian besar sisi utara kota; secara resmi, 1.963 orang tewas, 9.000 luka-luka, dan 199 buta; peristiwa ini dikenal sebagai tragedi yang sangat diremehkan.

1917: Finlandia mendeklarasikan kemerdekaannya dari Rusia.

1916: Selama Perang Dunia I, pasukan Jerman-Bulgaria menduduki Bucharest, ibu kota Rumania.

1907: Bencana pertambangan terburuk dalam sejarah AS menewaskan 361 orang di Monongah, Virginia Barat.

1877: Thomas Edison membuat rekaman pertama dari suara manusia pada fonograf kertas timah silinder pertama; ia membacakan sajak anak-anak “Mary Had a Little Lamb.”

Komentar Anda