Peristiwa Penting yang Terjadi pada Tanggal 3 Desember

Kilas Balik – Berikut adalah beberapa kejadian besar dalam sejarah yang terjadi di seluruh dunia pada tanggal 3 Desember:

Kilas Balik Desember

1999: Pesawat ruang angkasa AS, Mars Polar Lander, yang membawa dua probe ruang angkasa Deep Space yang dimaksudkan untuk menembus permukaan Mars, mendarat dengan keras di planet ini dan menghancurkan semua instrumen yang ada.

1984: 40 ton awan gas beracun bocor dari pabrik kimia Union Carbide di Bhopal, India, menyebabkan tragedi industri terburuk dalam sejarah; sebanyak 8.000 orang tewas dalam beberapa hari pertama (setidaknya 2.500 tewas seketika), ratusan ribu orang luka-luka, dan ternak serta tanaman yang mati tak terhitung jumlahnya; masalah kesehatan yang serius berlangsung selama bertahun-tahun, termasuk sejumlah besar kelahiran bayi yang cacat atau mati.

1973: Pesawat ruang angkasa AS Pioneer 10 terbang mendekati Jupiter, mengirim gambar close-up pertama planet itu dan satelitnya.

1967: Ahli bedah Afrika Selatan, Christiaan Barnard, melakukan transplantasi jantung manusia pertama yang sukses; pasiennya, Louis Washkansky, hidup selama 19 hari.

1917: Pertempuran Cambrai berakhir setelah Jerman merebut kembali hampir semua wilayah yang hilang saat mereka kalah dalam serangan Sekutu di awal; meskipun Sekutu menuai kegagalan, pertempuran ini menandai titik balik taktik medan barat dalam Perang Dunia I, baik dalam penggunaan massal tank dan serangan pemboman tanpa awalan.

Komentar Anda