Peristiwa Penting yang Terjadi pada Tanggal 2 Desember

Kilas Balik – Berikut adalah beberapa kejadian besar dalam sejarah yang terjadi di seluruh dunia pada tanggal 2 Desember:

Kilas Balik Desember

1993: Pablo Escobar, bos kartel narkoba terbesar Kolombia, tewas.

1982: Di University of Utah Medical Center di Salt Lake City, ahli bedah jantung William DeVries menanamkan jantung buatan pertama yang ditujukan untuk penggunaan jangka panjang pada pasien manusia; pasien itu, Barney B. Clark, bertahan hidup selama 112 hari dengan perangkat itu, pompa poliuretan dan aluminium yang disebut Jarvik-7.

1971: Uni Emirat Arab -terdiri atas Abu Dhabi, Dubai, Sharjah, Ras al-Khaimah, Umm al-Qaiwain, Ajman, dan Fujairah- memperoleh kemerdekaan penuh dari Inggris.

1942: Di Universitas Chicago, tim di bawah arahan Enrico Fermi mencapai reaksi nuklir berkelanjutan pertama, membuka pintu untuk bom atom dan energi nuklir.

1859: Abolisionis radikal, John Brown, digantung karena pengkhianatan setelah serangan dramatis pada gudang senjata federal di Harpers Ferry.

1851: Louis Napoleon, yang telah terpilih sebagai presiden kedua Republik Perancis pada bulan Desember 1848, merebut kekuasaan pribadi; ia mengumumkan konstitusi yang memberinya jabatan presiden 10 tahun dengan kekuatan hampir penuh, dan setahun kemudian ia mendirikan Kekaisaran Kedua, mengambil gelar Napoleon III.

1823: Dalam pesan tahunannya kepada Kongres AS, Presiden James Monroe mengucapkan tiga prinsip untuk pelaksanaan kebijakan luar negeri AS yang kemudian dikenal sebagai Doktrin Monroe; dasarnya, ia memperingatkan kekuatan Eropa untuk tetap keluar dari Belahan Bumi Barat.

1804: Napoleon I menobatkan dirinya sebagai kaisar Perancis dalam upacara yang dipimpin oleh Paus Pius VII di Katedral Notre Dame, Paris.

Komentar Anda