Peristiwa Penting yang Terjadi pada Tanggal 1 Desember

Kilas Balik – Berikut adalah beberapa kejadian besar dalam sejarah yang terjadi di seluruh dunia pada tanggal 1 Desember:

Kilas Balik Desember

1991: Dalam sebuah referendum, 90% pemilih di Ukraina memilih kemerdekaan dari Uni Soviet; pada hari yang sama, mantan Komunis Leonid Kravchuk terpilih sebagai presiden.

1988: Benazir Bhutto dilantik sebagai perdana menteri Pakistan, wanita pertama yang memimpin sebuah negara Islam modern.

1943: Konferensi Teheran, yang memutuskan dan mengoordinasikan strategi Sekutu Eropa dalam Perang Dunia II dan memberikan jaminan kemerdekaan Iran, berakhir di ibukota Iran.

1934: Pejabat Soviet Sergei Kirov dibunuh, sebuah peristiwa yang digunakan oleh Joseph Stalin sebagai dalih untuk Pembersihan Besar-besaran para pesaing politiknya di Uni Soviet.

1918: Kerajaan Serbia, Kroasia, dan Slovenia diproklamasikan, menyatukan Serbia, Kroasia, Slovenia, dan Montenegro dalam negara yang kemudian disebut Yugoslavia; Peter I dari Serbia menjadi raja.

1783: Jacques Charles dan Noel Robert melakukan penerbangan bebas berawak pertama dengan balon hidrogen penuh; diluncurkan dari Kebun Tuileries di Paris, mereka terbang dengan jarak 27 mil (43 km).

Komentar Anda