Peristiwa Penting yang Terjadi pada Tanggal 27 November

Kilas Balik – Berikut adalah beberapa kejadian besar dalam sejarah yang terjadi di seluruh dunia pada tanggal 27 November:

Kilas Balik November

1970: Paus Paulus VI ditikam di dadanya dalam upaya percobaan pembunuhan dirinya saat mengunjungi Filipina.

1942: Selama Perang Dunia II, banyak armada Perancis ditenggelamkan di pelabuhan Toulon untuk mencegah penyitaan Jerman.

1919: Pada Konferensi Perdamaian Paris, Sekutu yang memenangi Perang Dunia I menandatangani Perjanjian Neuilly dengan Bulgaria yang kalah; Bulgaria mengakui kemerdekaan Yugoslavia, setuju untuk menyerahkan wilayah ke Yugoslavia, Rumania, dan Yunani, dan dipaksa untuk membayar ganti rugi kepada tetangga Sekutunya.

1868: Pasukan AS di bawah Letkol George Custer menyerang pemukiman damai Cheyenne di Sungai Washita di Oklahoma tanpa peringatan; sebagian besar orang Indian, termasuk pemimpin mereka, Black Kettle, tewas.

1806: Presiden AS Thomas Jefferson mengeluarkan proklamasi yang mengutuk konspirasi melanggar hukum untuk merebut wilayah dari Spanyol; hal ini menyebabkan penangkapan pelaku utamanya, Aaron Burr.

1493: Pada perjalanan kedua ke Dunia Baru, Christopher Columbus mencapai lokasi Navidad di Hispaniola dan menemukan bahwa 39 orang yang ditinggalkan di sana pada pelayaran pertama telah tewas dan perkemahannya hancur.

1095: Paus Urbanus II menyerukan umat Kristen di seluruh Eropa untuk memulai Perang Salib Pertama untuk merebut kembali Tanah Suci (Palestina) dari umat Islam.

Komentar Anda