Peristiwa Penting yang Terjadi pada Tanggal 26 November

Kilas Balik – Berikut adalah beberapa kejadian besar dalam sejarah yang terjadi di seluruh dunia pada tanggal 26 November:

Kilas Balik November

1965: Perancis menjadi negara ketiga yang memiliki program luar angkasa independen ketika mengorbitkan satelit pertama mereka bernama A-1 dari Hammaguir, sebuah pangkalan militer Perancis yang terletak di Sahara Aljazair.

1943: Selama Perang Dunia II, sebuah kapal transportasi Inggris, HMT Rohna, ditenggelamkan oleh bom glider Jerman di lepas pantai Afrika Utara; 1.138 orang tewas, termasuk 1.015 tentara AS.

1942: Casablanca, dinilai oleh banyak kalangan sebagai film terbaik sepanjang masa, diputar perdana di New York City.

1941: Dalam pembicaraan antara Amerika Serikat dan Jepang yang mendahului masuknya AS ke dalam Perang Dunia II, menteri luar negeri AS Cordell Hull menuntut Jepang menarik diri dari China dan Indochina, mengakui rezim Chiang Kai-shek di China, menghentikan perluasan wilayah, dan menerima kebijakan Pintu Terbuka untuk akses komersial yang sama di Asia; pada hari yang sama, sebuah gugus tugas Jepang, yang terdiri atas enam carrier, dua kapal perang, tiga kapal penjelajah, dan beberapa kapal perusak dan kapal tanker, berangkat secara rahasia dari Kepulauan Kuril dari Jepang ke arah Pearl Harbor.

1917: Pemerintah Bolshevik baru Rusia meninggalkan upaya perang Rusia dalam Perang Dunia I.

1894: Hampir sebulan setelah naik tahta, Nicholas II, tsar terakhir Rusia, menikahi Alexandra, putri Louis IV (grand duke of Hesse-Darmstadt) dan cucu Ratu Victoria dari Inggris; mereka dan anak-anak mereka semuanya kelak dibunuh oleh kaum Bolshevik pada tahun 1918.

1789: Hari Thanksgiving nasional pertama dirayakan di Amerika Serikat; hari ini telah ditunjuk oleh Presiden George Washington dalam proklamasi resmi.

Komentar Anda