Wanita Bersuara Seksi Cenderung Memiliki Wajah Cantik

Para ilmuwan mengklaim memiliki bukti bahwa wanita dengan suara seksi cenderung memiliki kualitas wajah yang menarik seperti tulang pipi tinggi, garis rahang lembut, dan bibir lebih sensual. Tak hanya itu, wajah mereka biasanya simetris dan menunjukkan gen yang baik. Benarkah demikian?

Foto seksi Scarlett Johansson
Scarlett Johansson, aktris bersuara seksi

Penelitian terbaru ini mencoba menjelaskan mengapa wanita dengan suara seksi yang terkenal, seperti aktris Michelle Pfeiffer dan Scarlett Johansson, secara fisik terlihat sama menariknya dengan suara mereka.

Para ilmuwan di University of Vienna di Austria memfoto 42 mahasiswi dan merekam saat mereka berbicara secara normal. Suara mereka kemudian dimainkan di panel pria dan suara yang terdengar menarik secara umum memang dimiliki oleh orang yang menarik secara fisik.

Temuan ini membuat para peneliti menyimpulkan bahwa pria telah berevolusi untuk menggunakan suara wanita sebagai “sinyal back-up” untuk membantu mengukur seberapa subur mereka.

Menerbitkan temuan mereka di jurnal Evolution And Human Behaviour, para ilmuwan mengatakan bahwa pria yang mengandalkan mata dan suara akan mampu “mengurangi kesalahan dalam pemilihan pasangan”.

Dr. Peter Abend, pemimpin penelitian itu, mengatakan penyebab suara seorang wanita terdengar seksi ketika didengarkan orang adalah karena pita suara, laring, dan rongga hidung wanita itu selaras dengan baik.

Akibatnya, suara yang seksi memiliki korelasi langsung dengan wajah wanita, yaitu wajah yang simetris. Namun studi terhadap 40 pria dan wanita yang dilakukan oleh Albright College di Pennsylvania menemukan hanya wanita yang memiliki kemampuan untuk membuat suara mereka terdengar lebih memikat.

Wanita bisa menurunkan nada suaranya dan meningkatkan suara seraknya sementara pria yang berusaha agar suaranya seksi seringkali gagal. Susan Hughes, profesor psikologi di universitas itu, mengatakan, “Kemampuan ini mungkin karena adanya stereotip tentang suara seksi dalam budaya kita, yakni suara yang mendesah rendah.”

Komentar Anda