Heboh Lubang Raksasa Misterius Muncul Kembali di Siberia

Sebuah lubang raksasa misterius kembali muncul di Siberia dekat dengan salah satu tambang garam kalium terbesar di dunia. Lubang yang menganga ini berukuran sekitar 30 meter dan muncul setelah tambang terdekat, Solikamsk-2, banjir.

Lubang raksasa Siberia
dailymail.co.uk

Ini bukan pertama kalinya lubang raksasa muncul di kawasan itu. Lubang besar serupa pernah muncul di Yamal atau ‘ujung dunia’.

Sebagaimana dilaporkan Express, warga mengklaim telah melihat rudal dan bahkan malaikat jatuh di dekat lubang. Ribuan karyawan tambang diminta untuk menghindari lubang itu karena ahli geologi akan segera mencari tahu mengapa hal itu terjadi.

Sebuah teori menyatakan bahwa gempa yang terjadi 20 tahun lalu melemahkan struktur batuan dasar sekitar tambang sehingga membuatnya tidak stabil.

Tak seorangpun yang tinggal di kota terdekat Solikamsk terluka dan para ahli telah meyakinkan warga bahwa rumah mereka aman. Namun lubang yang tak terduga itu telah menyebabkan kepanikan massal di kota dan banyak warga dilaporkan bergegas menjual rumah mereka.

Seorang warga setempat berkata, “Orang-orang tidak tidur selama tiga hari, menunggu (munculnya) lubang baru.”

Lainnya menambahkan, “Untungnya rumah-rumah dikosongkan ketika itu terjadi. Rumah-rumah terdekat tempat orang tinggal cuma berjarak dua kilometer.”

Masa depan tambang yang dimiliki oleh produsen kalium nomor satu di dunia itu masih belum jelas. Tambang ini diyakini memiliki cadangan sekitar 150 juta ton kalium, tetapi jika batuan sekitarnya terlalu labil, tambang bisa hilang selamanya.

Penyebab lubang raksasa ini dikatakan berbeda dengan yang muncul di daerah yang lebih utara awal tahun ini. Biasanya, lubang Siberia terjadi di daerah permafrost di mana tanah beku yang mencair melepaskan gas yang terperangkap, menyebabkan ledakan gas dan menimbulkan lubang raksasa.

Komentar Anda