Peristiwa Penting yang Terjadi pada Tanggal 22 November

Kilas Balik – Berikut adalah beberapa kejadian besar dalam sejarah yang terjadi di seluruh dunia pada tanggal 22 November:

Kilas Balik November

1990: Margaret Thatcher, “Iron Lady,” mengundurkan diri sebagai perdana menteri Inggris setelah pemberontakan di partai Konservatifnya sendiri.

1975: Juan Carlos I menjadi raja Spanyol, yang telah ditunjuk sebagai pengganti Generalissimo Francisco Franco pada tahun 1969; Juan Carlos memimpin transisi Spanyol dari kediktatoran menuju pemerintahan parlementer.

1967: Dewan Keamanan PBB mengadopsi Resolusi 242, menyerukan penarikan mundur Israel dari wilayah-wilayah (Tepi Barat, Jalur Gaza, dan Dataran Tinggi Golan) yang telah didudukinya dalam Perang Arab-Israel Juni 1967 (Perang Enam Hari) .

1963: John Fitzgerald Kennedy (JFK), presiden ke-35 Amerika Serikat, orang termuda (43 tahun) dan orang Katolik Roma pertama yang pernah terpilih menjadi presiden, dibunuh di Dallas, Texas, oleh Lee Harvey Oswald; Wakil Presiden Lyndon B. Johnson menggantikan Kennedy sebagai presiden.

1943: Selama Perang Dunia II, Konferensi Kairo yang dihadiri oleh Presiden AS Franklin Roosevelt, Perdana Menteri Inggris Winston Churchill, dan Presiden China Chiang Kai-shek dimulai; para pemimpin ini membahas nasib wilayah yang diduduki Jepang di Asia.

1943: Lebanon memperoleh kemerdekaan penuh.

1906: Konferensi Radiotelegraphik Berlin mengadopsi SOS (dalam kode Morse, … — …) sebagai sinyal marabahaya internasional; bertentangan dengan anggapan umum, huruf-huruf itu bukan kepanjangan dari apa pun.

1497: Navigator Portugis Vasco da Gama mengitari Tanjung Harapan pada ekspedisi untuk membuka rute laut dari Eropa ke India.

Komentar Anda