Suami Istri Didenda 1,9 Juta Karena Mengkritik Hotel

Sepasang suami istri Inggris yang kurang terkesan dengan pelayanan sebuah hotel didenda 157 dolar as atau sekitar 1,9 juta rupiah karena menuliskan review buruk berbulan-bulan setelah sebuah hotel di AS dikritik karena kebijakan serupa.

Lobi Hotel
upi.com

Tony dan Jan Jenkinson mengatakan mereka memposting review di situs TripAdvisor dan menyebut hotel itu “gubuk berbau busuk” setelah menghabiskan malam yang tidak memuaskan di Hotel Broadway di Blackpool, Inggris, dan mereka terkejut ketika hotel kemudian mengenakan biaya tambahan pada kartu kredit mereka sebesar 157 dolar AS.

Kebijakan hotel, yang kata Tony Jenkinson ditandatangani tanpa dibaca istrinya karena ia tidak mengenakan kacamata, menyatakan, “Terlepas dari kenyataan bahwa pelanggan dan pasangan tetap menyukai hotel kami, teman-teman dan keluarga Anda mungkin tidak. Untuk setiap review buruk yang ditulis di situs web apapun, group organizer akan mengenakan denda maksimum 100 pound (157 dolar AS).”

John Greenbank, manajer area North Trading Standards, mengatakan terkejut dengan kebijakan tersebut, “Saya telah bekerja untuk standar perdagangan selama bertahun-tahun dan belum pernah melihat sesuatu seperti ini,” katanya kepada BBC. “Manajemen hotel jelas berpikir bahwa mereka punya cara baru untuk mencegah ulasan buruk, namun kami percaya ini bisa dianggap sebagai praktik perdagangan yang tidak adil.”

Suami istri Jenkinson mengatakan mereka bekerja dengan perusahaan kartu kredit mereka untuk mengusahakan pengembalian dana.

Claire Smith, presiden kelompok pelaku bisnis perhotelan Stay Blackpool, mengatakan kepada The Blackpool Gazette bahwa kebijakan hotel “tidak tampak seperti hal yang bermoral untuk dilakukan dan saya tidak pernah mendengar hal seperti ini sebelumnya. Anda tidak bisa seenaknya mendenda orang jika punya pengalaman buruk dan menulis review buruk untuk Anda,” katanya.

Insiden itu terjadi setelah sebuah hotel di Hudson, New York, dikritik pada bulan Agustus karena kebijakan yang menyatakan bahwa penyelenggara pernikahan akan didenda 500 dolar AS karena ulasan negatif yang ditulis oleh tamu pesta di situs Yelp. Kebijakan itu menyebabkan laman Union Street Guest House di Yelp dibanjiri ulasan buruk dan manajer mengklaim kebijakan itu ditulis hanya sebagai lelucon.

Komentar Anda