7 Alasan Krusial Kenapa Apel Harus Dimakan Setiap Hari

Entah apel merah atau hijau, Anda harus makan apel setiap hari agar selalu sehat dan gembira. Kata pepatah Barat, ‘Sebutir apel sehari bisa menjauhkan dokter’, hal itu memang benar adanya. Ada banyak sekali manfaat yang dikandung buah satu ini. Tak hanya itu, karena rasanya yang lezat, apel juga menjadi buah pilihan yang bisa diolah menjadi berbagai makanan nikmat. Simak 7 alasan kenapa apel sangat penting untuk dilewatkan.

Makan Apel

1. Apel mengandung antioksidan kuat

Meskipun sebagian besar buah-buahan dan sayuran mengandung antioksidan, apel mengandung salah satu antioksidan paling kuat, quercetin, yang membantu memerangi kerusakan akibat radikal bebas, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan mencegah berbagai jenis penyakit.

Makan apel di pagi hari, tambahkan ke dalam Smoothie pagi, dan makan sebutir saat waktu makan siang atau sebelum tidur. Jika Anda adalah penggemar berat chip (atau keripik) tapi ingin tetap makan sehat, cobalah mengonsumsi keripik apel. Keripik apel sehat dan lezat serta menjadi camilan sehat untuk anak-anak Anda.

2. Apel menjaga kesehatan mata

Karena kandungan antioksidannya yang tinggi, apel membantu menjaga kesehatan mata, jika Anda makan setidaknya satu apel setiap hari. Apel boleh ‘membanggakan’ manfaat kesehatan mata yang diberikannya, dan buah ini dapat membantu mencegah katarak.

Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa orang yang mengkonsumsi buah-buahan yang kaya antioksidan, seperti apel, jarang mengembangkan katarak. Biasakan makan apel setiap hari mulai sekarang dan Anda mungkin tidak akan berurusan dengan katarak di usia 50-an atau 60-tahunan.

3. Apel kaya akan serat

Apel merupakan sumber serat yang membantu mengatur sistem pencernaan, dan secara keseluruhan menjaga sistem pencernaan Anda tetap sehat. Serat juga dapat membantu mengontrol rasa lapar dan membuat perut kenyang lebih lama.

Satu apel bisa menjadi makanan ringan yang tepat dan sehat untuk dinikmati di antara waktu makan. Selain itu, serat yang ditemukan dalam apel dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dan mencegah diare dan sembelit.

4. Apel membantu detoksifikasi hati

Apel baik untuk hati atau liver Anda juga. Banyak orang berbicara tentang makanan atau diet detoks, tetapi Anda sebaiknya tidak mencoba salah satu dari diet itu tanpa berkonsultasi dengan dokter. Bagi kebanyakan orang, sulit untuk tetap konsisten dengan diet apapun.

Tapi untungnya, Anda dapat membuat hati Anda sehat dengan makan apel setiap hari. Ketika hati Anda sehat, ia akan mampu mengeluarkan racun berbahaya dari tubuh tanpa bubuk atau minuman detoksifikasi. Itu adalah alasan yang baik untuk menambahkan apel dalam smoothie Anda, bukan?

5. Apel menjaga jantung tetap sehat

Salah satu manfaat terbaik makan apel setiap hari adalah bahwa buah populer ini membantu menjaga jantung Anda selalu sehat dan prima. Serat yang ditemukan dalam apel membantu mengurangi kadar kolesterol, yang mengurangi risiko penyakit jantung.

Selain itu, apel dapat membantu mencegah penimbunan plak dalam arteri Anda, yang menurunkan risiko terkena serangan jantung. Apakah Anda tahu bahwa penyakit jantung adalah pembunuh terbesar wanita? Masukkan apel dalam menu makan Anda untuk hidup lebih lama dan sehat.

6. Apel meningkatkan daya tahan tubuh

Jika Anda ingin meningkatkan daya tahan tubuh Anda, cobalah makan apel sebelum berolahraga. Pasalnya, apel membantu membuat oksigen lebih mudah diakses ke paru-paru, membuat sesi olahraga Anda lebih mudah dan lebih lama.

Jadi saat Anda hendak ke gym, jogging, atau main futsal, jangan lupa untuk makan sebutir apel atau minum smoothie apel. Hasilnya pasti akan mengejutkan Anda!

7. Apel membantu menurunkan berat badan

Pernahkah Anda mendengar bahwa pelaku diet harus makan makanan mini sepanjang hari? Sebutir apel adalah salah satu makanan mini yang harus Anda makan, terutama di awal pagi hari, jika Anda mencoba untuk menurunkan berat badan.

Apel rendah kalori dan dapat membantu menekan nafsu makan Anda. Ketika Anda merasa lapar, jangan ambil camilan tak sehat, sebaliknya, kunyah apel dan seraplah semua manfaat kesehatannya.

Komentar Anda