Peristiwa Penting yang Terjadi pada Tanggal 17 November

Kilas Balik – Berikut adalah beberapa kejadian besar dalam sejarah yang terjadi di seluruh dunia pada tanggal 17 November:

Kilas Balik November

1989: Polisi di Cekoslowakia secara brutal memukuli demonstran mahasiswa, memprovokasi demonstrasi yang lebih besar yang dalam 23 hari membawa akhir bagi rezim Komunis, yang disebut Velvet Revolution.

1943: Di kamp konsentrasi Nazi Majdanek (Polandia), di mana penembakan massal umum terjadi, 17.000 orang Yahudi ditembak mati dengan senapa mesin.

1918: Menurut ketentuan gencatan senjata yang mengakhiri Perang Dunia I, pasukan Sekutu mulai menduduki kembali bagian-bagian dari Perancis dan Belgia yang telah dikuasai Jerman sejak 1914.

1869: Terusan Suez, yang terletak di persimpangan Asia, Eropa, dan Afrika, dan salah satu jalur perairan yang paling penting di dunia, dibuka; kanal ini selesai dibangun dalam 10 tahun oleh perusahaan yang didirikan oleh Ferdinand de Lesseps dan menelan biaya lebih dari dua kali lipat dari perkiraan awal 41.860.000 dolar AS.

1855: Penjelajah Skotlandia, David Livingstone, menemukan Air Terjun Victoria di aliran tengah Sungai Zambezi di Afrika; Air Terjun itu, yang dinamai sesuai nama Ratu Victoria, dikenal orang Afrika dengan nama Mosi-oa-tunya atau “asap yang bergemuruh.”

1796: Catherine II (Catherine yang Agung), kaisar wanita Rusia, meninggal dunia; ia telah memperluas kekaisaran Rusia, mendorong modernisasi pertanian dan industri, serta mempromosikan pembangunan pendidikan.

1558: Elizabeth I berhasil menduduki tahta Inggris setelah kematian saudara tirinya, Mary I.

Komentar Anda