Peristiwa Penting yang Terjadi pada Tanggal 14 November

Kilas Balik – Berikut adalah beberapa kejadian besar dalam sejarah yang terjadi di seluruh dunia pada tanggal 14 November:

Kilas Balik November

2003: Planetoid Sedna, yang terletak di luar Pluto di tata surya, pertama kali diamati oleh para astronom di Observatorium Palomar.

1993: Dalam sebuah plebisit mengenai status politik Puerto Rico, warga Puerto Rico memilih melanjutkan status persemakmuran daripada status kenegaraan atau kemerdekaan.

1935: Filipina menjadi persemakmuran berpemerintahan sendiri di bawah Presiden Manuel Luis Quezon, tapi Perang Dunia II menunda kemerdekaan penuh.

1922: British Broadcasting Corporation (BBC), kini menjadi perusahaan swasta, meluncurkan siaran radio harian pertamanya.

1918: Perang Dunia I berakhir di Afrika, ketika pemimpin gerilya Jerman Paul von Lettow-Vorbeck, yang telah menyusahkan Inggris dan Portugis selama empat tahun, menangguhkan perang setelah mendengar gencatan senjata di Eropa.

1889: Wartawan Nellie Bly berlayar dari New York untuk melakukan perjalanan ke seluruh dunia dalam waktu kurang dari 80 hari; ia kembali ke New York dalam rekor 72 hari, 6 jam, 11 menit.

1832: Trem kuda pertama, kendaraan penumpang umum yang ditarik kuda dan berjalan pada rel khusus di jalan raya, mulai beroperasi di New York City, di sepanjang Bowery.

1831: Georg Wilhelm Friedrich Hegel, filsuf idealis Jerman yang berpengaruh, meninggal dunia.

1716: Filsuf dan matematika besar Jerman, Gottfried Wilhelm von Leibniz, yang mendahului perkembangan logika simbolik dan menemukan kalkulus secara independen dari Isaac Newton, meninggal dunia.

Komentar Anda