Kisah Presiden Termiskin di Dunia dan Mobil VW Tuanya

Presiden Uruguay, Jose Mujica, yang dijuluki sebagai presiden paling miskin di dunia mengungkapkan bahwa mobil Volkswagen Beetle 1987 warna birunya pernah ditawar orang dengan harga sangat tinggi.

Mobil Presiden Mujica

Mobil tua itu telah menjadi simbol gaya hidup sederhana Jose Mujica. Menurut sebuah publikasi lokal, Syekh Arab menawarkan diri untuk membeli mobil sederhana itu dengan harga fantastik, satu juta dolar AS.

Tawaran itu menyusul saran duta besar Meksiko untuk Uruguay agar Mujica melelang mobil Beetle itu di Meksiko. Dubes itu memprediksi bahwa Mujica bisa mendapatkan 10 truk beroda empat sebagai gantinya.

Mujica, yang dikenal memiliki anjing berkaki tiga, Manuela, mengatakan uang yang diterimanya untuk mobilnya akan disumbangkan pada program yang mendukung penyediaan perumahan bagi para tunawisma.

Rumah Presiden Termiskin Dunia

Mantan pemimpin gerilya sayap kiri Tupamaro itu mengatakan bahwa jika ia membeli truk dari penjualan VW-nya, truk-truk itu bisa diberikan pada kantor kesehatan masyarakat Uruguay atau pekerja kampanyenya.

Namun, masyarakat Uruguay geli dengan ide ini. Seorang warga Montevideo mengatakan, “Ini seperti mobil Hitler. Saya ingat orang-orang mencari dan bersedia membayar jutaan untuk mobil itu Karena mobil itu memiliki nilai sejarah, jadi harganya naik…”

Lainnya mengaku terkejut dengan angka yang ditawarkan, “Terus terang pada awalnya saya pikir itu lelucon karena mereka menawarkan begitu banyak uang untuk Beetle itu, tetapi jika mereka memilikinya, mereka memiliki uang jutaan.”

Ada juga yang berkomentar, “Saya tidak berpikir ia (Mujica) memerlukan itu, tapi jika ia ingin menjualnya dan mobil itu terjual, biarkan ia mengambil keuntungan. Ia harus memiliki uang itu.”

Mujica menjadi terkenal di seluruh dunia setelah ia menjadi presiden Uruguay pada tahun 2010 dan menyatakan bahwa seluruh kekayaannya berjumlah senilai Beetle 1987. Tanah pertanian buruk yang ia tinggali adalah kepunyaan istrinya, jelasnya.

Sejak saat itu, dalam pernyataan resmi tentang kekayaannya, Mujica sudah memasukkan pertanian dan penghasilannya yang cuma sekitar 11.000 dolar AS per bulan sebagai presiden (setara 134 juta rupiah), yang mana 20 persennya ia sumbangkan pada gerakan politiknya. Awal tahun ini, jumlah seluruh kekayaannya adalah 323.000 dolar AS, dengan ladang bunga yang dilaporkan bernilai 108.000 dolar AS.

0 thoughts on “Kisah Presiden Termiskin di Dunia dan Mobil VW Tuanya

  • 11/13/2014 at 8:42 am
    Permalink

    hati nurani nya tinggi banget, salut deh 🙂

    Reply

Komentar Anda