Apa Itu Donut Selfie dan Bagaimana Cara Melakukannya?

Selfie ternyata sudah usang, sebab kini ada cara baru yang asyik dalam berselfie, yaitu “donut selfie” 360 derajat. Donut selfie atau selfie donat yang unik ini kini mulai ramai dilakukan dan diunggah ke media sosial. Sederhananya, donut selfie adalah merekam diri dan lingkungan di sekeliling dalam satu waktu dengan gerakan melingkar.

Cara Donat Selfie

Cara baru mengambil foto selfie ini diperkenalkan oleh mantan karyawan Microsoft, Karen X. Cheng, yang menemukan gaya selfie inovatif ini saat bermain-main dengan kamera teleponnya untuk menciptakan ilusi optik.

Anda mungkin kenal Cheng dari videonya tentang cara menari dalam satu tahun yang menyebar cepat hingga telah ditonton lebih dari empat juta orang. Keberhasilannya memacu wanita ini untuk membuat website Give it 100, yang mendorong orang untuk berbagi proyek 100 hari mereka.

Tapi Cheng sejak saat itu sibuk dengan proyek donut selfie barunya, dan bahkan telah menciptakan sebuah situs web untuk menampilkan video tutorial dan menyediakan tempat bagi pengguna untuk mengirimkan donut selfie mereka.

Cheng menjelaskan bagaimana ia mendapat ide selfie inovatif ini, “Saya melakukan sekali dari satu sisi kepala ke sisi yang lain -membuat donat di kepala saya- dan video itu mulai looping (mengulang) dan woahhhh terlihat keren.”

“Tak lama kemudian saya berlari di sekitar kota berusaha untuk mendapatkan gambar keren, bermain dengan efek slo-mo (slow motion) dan pelampiran lensa iPhone, dan ini hasilnya,” kata Cheng di situs donut selfienya.

Cheng mengatakan bahwa donut selfie tidak seperti selfie lain, dan itu bukan sekedar gambar datar. “Selfie biasanya berupa gambar datar dan tidak ada yang berubah selain beberapa filter. Tapi kamera telepon kita semakin maju,” katanya.

Cheng mengatakan bahwa donut selfie adalah cara yang indah untuk memotret diri sendiri dan lingkungan. “Ini membantu Anda dalam menangkap momen yang pas. Anda dapat membuat film dari hidup Anda. Dan bagian yang terbaik adalah Anda tidak perlu kamera mahal. Anda tinggal menggunakan apa yang sudah ada.” katanya.

Jadi bagaimana cara membuat donut selfie?

Pada dasarnya Anda harus membuat kamera ponsel berada dalam modus video, dengan lensa menghadap Anda, dan putar ponsel perlahan dari satu sisi kepala ke sisi yang lain dalam bentuk donat (melingkar), sehingga kamera akan merekam Anda dan lingkungan Anda. Setelah itu, akhiri video pendek itu dengan menutupkan kamera ke telinga. Rentangan tangan juga tidak perlu panjang-panjang, Anda hanya perlu sedikit melipat siku. Mari kita lihat video tutorialnya, semoga membantu.

Komentar Anda