Peristiwa Penting yang Terjadi pada Tanggal 8 November

Kilas Balik – Berikut adalah beberapa kejadian besar dalam sejarah yang terjadi di seluruh dunia pada tanggal 8 November:

Kilas Balik November

2002: Dewan Keamanan PBB dengan suara bulat mengesahkan Resolusi 1441, menyerukan pemeriksa senjata PBB untuk kembali ke Irak dengan akses tak terbatas ke situs apapun yang diduga menyimpan senjata pemusnah massal; Saddam Hussein menerima persyaratan itu.

1923: Adolf Hitler meluncurkan kudeta gagal yang dikenal sebagai Munich Putsch di aula bir Bavaria; tujuannya adalah untuk membawa pemerintahan Bavaria dan pemerintah nasional Jerman berada di bawah kendali partai Sosialis Nasional (Nazi).

1917: Selama Revolusi Rusia, Kongres Rusia Buruh Soviet dan Deputi Prajurit bertemu di Petrograd (Saint Petersburg) untuk meratifikasi perebutan kota oleh kaum Bolshevik dan menyatakan pembentukan pemerintahan Soviet yang dikepalai oleh komisaris Dewan Rakyat dan diketuai oleh Vladimir Lenin, sementara Leon Trotsky bertanggung jawab terhadap urusan luar negeri.

1793: Louvre yang terkenal di dunia dibuka sebagai museum negara di Paris, setelah penghapusan monarki selama Revolusi Perancis.

1674: Penyair besar Inggris, John Milton, meninggal dunia.

1602: Bodleian Library di Oxford University, perpustakaan publik pertama di Eropa dan terbesar kedua di Inggris, dibuka.

Komentar Anda