Makna dan Sejarah Bendera Amerika Serikat

Bendera Amerika Serikat adalah simbol patriotisme yang telah berubah berkali-kali sejak penciptaan pertamanya, tetapi maknanya tetap sama; satu bangsa yang tak terpisahkan. Bendera suatu negara biasanya adalah hal pertama yang dilihat negara lain. Bendera AS adalah panji dalam perang dan lambang pada masa damai serta simbol kebanggaan setiap warga Amerika. Ada beberapa fakta menarik tentang bendera Amerika yang perlu diketahui.

Gambar bendera Amerika Serikat berkibar

Bintang dan garis

Bendera AS awalnya dirancang dengan 13 bintang dan 13 garis. Menurut Flag Act (UU Bendera) yang pertama kali disahkan oleh Kongres, bintang-bintang mewakili konstelasi baru. Selama bertahun-tahun banyak orang yang mengaitkan makna dengan warna pada bendera AS, tetapi tidak pernah ada pernyataan secara resmi mengenai hal itu. 13 garis mewakili 13 koloni asli dan bintang-bintang di sudut mewakili negara bagian, satu bintang untuk setiap negara bagian dalam serikat. Sejak tanggal 4 Juli 1960, bintang dalam bendera ditambah menjadi 50 untuk melambangkan 50 negara bagian Amerika Serikat.

Warna

Warna bendera Amerika Serikat belum secara resmi dikorelasikan dengan maknanya, tapi stempel resmi dari AS mengandung warna yang sama dan itu memberikan makna. Menurut USFlags.org, “Putih menandakan kemurnian dan kesucian, merah menandakan ketahanan dan keberanian, dan biru menandakan kewaspadaan, kegigihan, dan keadilan.” Hal ini dapat diasumsikan bahwa makna-makna tersebut juga dapat berlaku untuk bendera.

Sejarah

Pada tanggal 1 Januari 1776, pasukan Jenderal George Washington mengepung Boston yang berada di bawah kendali Inggris. Ia memerintahkan pengibaran bendera Grand Union, yang memiliki 13 garis merah dan putih berselang-seling dan Union Jack Inggris di sudut kiri atas. Pada bulan Mei 1776, Betsy Ross mengaku telah menjahit bendera Amerika pertama dengan tangan, meskipun klaim itu tetap tidak terbukti. Pada tanggal 14 Juni 1777, Kongres Kontinental meluluskan Flag Act pertama, yang secara resmi menciptakan bendera Amerika, dengan 13 garis dan bintang.

Komentar Anda