Peristiwa Penting yang Terjadi pada Tanggal 2 November

Kilas Balik – Berikut adalah beberapa kejadian besar dalam sejarah yang terjadi di seluruh dunia pada tanggal 2 November:

Kilas Balik November

2004: George W. Bush terpilih kembali menjadi Presiden Amerika Serikat mengalahkan lawannya dari Partai Demokrat, John Kerry, dengan perolehan 51% suara rakyat.

2000: Awak pertama yang terdiri atas dua kosmonot Rusia dan satu astronot Amerika Serikat tiba di Stasiun Antariksa Internasional dan memulai jadwal sibuk untuk membuat ISS berfungsi penuh sebagai habitat layak huni.

1963: Ngo Dinh Diem, presiden pertama Republik Vietnam, dibunuh selama kudeta militer yang menggulingkan rezimnya; Amerika Serikat mendukung kudeta itu, yang terjadi pada tahap awal keterlibatan AS dalam Perang Vietnam.

1950: Intelijen PBB menegaskan bahwa pasukan China telah campur tangan dalam Perang Korea; antara tanggal 14 Oktober dan 1 November, sekitar 180.000 “relawan” Komunis diam-diam menyeberang dari China ke Korea Utara.

1950: George Bernard Shaw, yang telah menulis beberapa drama terbaik abad ke-20 dan memenangkan Nobel pada tahun 1925, meninggal dunia pada usia 94 tahun.

1920: Stasiun penyiaran radio komersial pertama di dunia, KDKA, mulai beroperasi di Pittsburgh, Pennsylvania, AS, untuk melaporkan pemilihan presiden tahun itu.

1917: Pemerintah Inggris mengeluarkan Deklarasi Balfour, mendukung pembentukan “tanah air nasional” di Palestina bagi bangsa Yahudi.

1886: Insinyur Jerman, Karl Benz, menerima paten untuk mobil praktis pertamanya yang didukung oleh mesin pembakaran internal.

Komentar Anda