Peristiwa Penting yang Terjadi pada Tanggal 1 November

Kilas Balik – Berikut adalah beberapa kejadian besar dalam sejarah yang terjadi di seluruh dunia pada tanggal 1 November:

Kilas Balik November

2002: Pengadilan federal digelar untuk penyelesaian konflik antara pemerintah federal dan Microsoft dalam kasus anti monopoli panjang yang telah mengguncang industri komputer; keputusannya meliputi beberapa ketentuan yang dirancang untuk meningkatkan kompetisi dan memastikan kompatibilitas antara Windows dan produk vendor lain.

2000: Yugoslavia, yang telah ditangguhkan dari keanggotaan PBB pada tahun 1992, diterima kembali ke dalam PBB.

1981: Kepulauan Karibia, Antigua dan Barbuda, bersama-sama dengan pulau tak berpenghuni Redonda, menjadi negara merdeka.

1977: Objek langit Chiron ditemukan oleh Charles T. Kowal; ini menarik perhatian karena menjadi benda menyerupai asteroid pertama yang terdeteksi di luar tata surya; benda ini kini diklasifikasikan sebagai komet dari Sabuk Kuiper.

1954: Perang Aljazair dimulai saat sepasukan kecil pejuang Front Pembebasan Nasional mulai menyerang instalasi militer Perancis dan pemukiman Eropa; pemberontakan Muslim Aljazair melawan kekuasaan kolonial Perancis ini akhirnya membawa kemerdekaan bagi Aljazair dan, di Prancis, menyebabkan runtuhnya Republik Keempat.

1952: Bom hidrogen pertama diledakkan dalam sebuah tes oleh Amerika Serikat di Enewetak atol di Samudera Pasifik.

1914: Selama Perang Dunia I, sebuah skuadron angkatan laut Jerman di bawah Laksamana Maximilian Graf von Spee bertemu skuadron Inggris pimpinan Wakil Laksamana Sir Christopher Cradock di lepas pantai Coronel, Chile tengah; dalam pertempuran singkat itu, Jerman menenggelamkan dua kapal Inggris.

1755: Sebagian besar Lisbon, Portugal, hancur dan 60.000 orang tewas ketika gempa bumi besar mengguncang kota itu, diikuti dengan tsunami; bencana ini memicu perdebatan filosofis di Eropa tentang penyebab bencana alam.

Komentar Anda