Peristiwa Penting yang Terjadi pada Tanggal 30 Oktober

Kilas Balik – Berikut adalah beberapa kejadian besar dalam sejarah yang terjadi di seluruh dunia pada tanggal 30 Oktober:

Kilas Balik Oktober

1995: Sebuah referendum diselenggarakan di Quebec tentang pemisahan dari Kanada; 50,6% pemilih memilih tetap bersatu dengan Kanada.

1974: Muhammad Ali, 32 tahun, bertarung melawan George Foreman, 25 tahun, di Kinshasa, Zaire, dalam pertempuran untuk mendapatkan kembali gelar tinju kelas beratnya.

1953: George C. Marshall dianugerahi Nobel Perdamaian berkat Marshall Plan yang melakukan rekonstruksi ekonomi Eropa Barat pasca perang.

1938: Kelompok Teater Mercury Orson Welles menyiarkan The War of the Worlds di radio dengan realisme sehingga sejumlah besar pendengar benar-benar percaya bahwa New Jersey telah diserang oleh penghuni Mars.

1905: Selama Revolusi Rusia tahun 1905, Kaisar Nicholas II terpaksa setuju untuk mengeluarkan manifesto yang memperluas hak pilih, menjanjikan kebebasan dari penangkapan sewenang-wenang tanpa sidang, dan membentuk sebuah badan legislatif terpilih, atau Duma.

1611: Raja Swedia Charles IX meninggal dunia dan digantikan oleh putranya yang berusia 16 tahun, Gustav II Adolf, yang kelak mengubah Swedia menjadi kekuatan besar Eropa.

Komentar Anda