Peristiwa Penting yang Terjadi pada Tanggal 29 Oktober

Kilas Balik – Berikut adalah beberapa kejadian besar dalam sejarah yang terjadi di seluruh dunia pada tanggal 29 Oktober:

Kilas Balik Oktober

2012: Badai Sandy, yang disebut superstorm dan badai Atlantik terbesar dalam sejarah, terjadi di dekat Atlantic City, NJ; lebih dari 250 orang tewas, dan kerusakan AS diperkirakan mencapai lebih dari 60 miliar dolar.

1998: Astronaut dan senator Amerika, John H. Glenn, orang Amerika pertama yang mengorbit bumi, kembali ke ruang angkasa dengan kapal Space Shuttle Discovery dalam sebuah misi yang berlangsung hingga 7 November; pada usia 77 tahun, Glenn menjadi orang tertua yang melakukan perjalanan di luar angkasa sejauh ini.

1966: National Organization for Women didirikan, dan Betty Friedan ditunjuk menjadi presiden pertamanya.

1956: Selama Krisis Suez, yang berkembang setelah Mesir menasionalisasi Terusan Suez, Israel melancarkan serangan terhadap Semenanjung Sinai sebagai bagian dari rencana bersama Inggris dan Perancis untuk mengambil alih kanal; Perang Arab-Israel ini berakhir dalam waktu kurang dari satu minggu dan Israel menguasai Jalur Gaza dan sebagian besar Sinai.

1929: Segera dikenal sebagai Black Tuesday, pasar saham AS jatuh untuk kedua kalinya dalam seminggu, memicu kepanikan keuangan yang paling terkenal dalam sejarah Amerika.

1923: Republik Turki didirikan; Mustafa Kemal (kemudian dikenal sebagai Kemal Atatürk) menjadi presiden pertama negara penerus Kekaisaran Ottoman ini.

1918: Pada hari-hari terakhir Perang Dunia I, pemberontakan meletus di antara para pelaut High Seas Fleet Jerman.

1914: Kekaisaran Ottoman memasuki Perang Dunia I di sisi Jerman dan Austria-Hungaria, meluncurkan pemboman kejutan pada benteng angkatan laut Rusia di Laut Hitam; dengan demikian perang ini akan menjadi ulangan Perang Rusia-Turki.

1618: Sir Walter Raleigh, yang merupakan favorit ratu Inggris Elizabeth I tetapi bukan favorit penggantinya, James I, dieksekusi setelah kegagalan ekspedisi keduanya untuk mencari emas di El Dorado, Amerika Selatan.

Komentar Anda