Karakteristik dan Perilaku Panda Raksasa

Panda raksasa (Ailuropoda melanoleuca) adalah makhluk yang menarik dan indah. Panda memiliki bulu mencolok dan temperamen kalem yang kadang-kadang diterjemahkan sebagai pemalas. Panda adalah spesies yang terancam punah karena perburuan liar dan hilangnya habitat. Banyak organisasi konservasionis bekerja keras untuk menjaga panda dari kepunahan sehingga generasi mendatang dapat menikmati makhluk lucu ini.

Foto panda raksasa

Panda raksasa memiliki tinggi antara 90 sampai 120 cm ketika berdiri merangkak, dan dapat tumbuh hingga mencapai panjang lebih dari 180 cm. Panda jantan memiliki berat badan antara 100 sampai 120 kilogram. Panda betina sedikit lebih kecil, dan jarang tumbuh mencapai lebih dari 100 kilogram. Bulu panda berwarna hitam dan putih mencolok. Kepalanya sebagian besar berwarna putih, lengan dan setengah tubuh bagian depan berwarna hitam, sedang bagian belakangnya berwarna putih dan kaki belakang berwarna hitam.

Meski mempunyai gigi yang mirip dengan beruang karnivora, panda hanya memakan tanaman, seperti bambu. Panda adalah hewan penyendiri, tapi kadang-kadang mereka akan berkomunikasi dan berinteraksi dengan panda dewasa lainnya. Panda betina mengalami ovulasi sekali dalam setahun di musim semi selama dua atau tiga hari. Masa ovulasi yang pendek ini adalah salah satu alasan mengapa spesies ini terancam punah. Bayi panda tinggal bersama ibu mereka selama satu setengah sampai tiga tahun. Panda tidak berhibernasi dan menghabiskan sebagian besar waktu mereka mencari makanan dan beristirahat. Panda hidup sekitar 30 tahun.

Makanan panda terdiri atas 99 persen bambu di alam liar. Di kebun binatang, para penjaga kebun binatang sering memberi panda suplemen diet, seperti tebu, ubi jalar, dan lainnya. Panda makan di sekitar 18 kilogram makanan setiap hari, yang dapat menghabiskan waktu hingga 16 jam untuk mencarinya. Panda minum air tawar dari danau dan sungai untuk melengkapi air yang mereka dapatkan dari rebung, yang dapat berisi air hingga 90 persen.

Kebanyakan panda hidup di China Barat Daya dan di hutan beriklim China. Panda raksasa memiliki daerah asli yang terbatas. Panda hidup di dataran tinggi sekitar 2.400 hingga 3.600 meter di atas permukaan laut. Panda raksasa hidup di hutan dengan dedaunan lebat dan sejumlah besar tanaman bambu alami. Di kebun binatang, tempat tinggal panda dibuat serupa dengan habitat alaminya di alam liar demi kenyamanannya.

Komentar Anda