Peristiwa Penting yang Terjadi pada Tanggal 26 Oktober

Kilas Balik – Berikut adalah beberapa kejadian besar dalam sejarah yang terjadi di seluruh dunia pada tanggal 26 Oktober:

Kilas Balik Oktober

1994: Perdana Menteri Israel Yitzhak Rabin dan Raja Hussein dari Yordania menandatangani perjanjian perdamaian resmi antara negara mereka.

1979: Park Chung Hee, jenderal yang pernah menjabat sebagai presiden Korea Selatan sejak 1963 dan memerintah di bawah darurat militer sejak tahun 1972, dibunuh oleh Kim Jae Kyu, kepala Badan Intelijen Pusat Korea Selatan.

1976: Transkei, tanah air orang kulit hitam yang diciptakan untuk orang-orang Xhosa di bawah sistem apartheid di Afrika Selatan, dinyatakan independen oleh pemerintah Afrika Selatan.

1956: Ngo Dinh Diem, dengan dukungan AS, memproklamasikan Vietnam Selatan sebagai republik dan ia menjadi presiden.

1944: Selama Perang Dunia II di Pasifik, Pertempuran Teluk Leyte berakhir, dengan kemenangan besar pasukan Amerika atas Jepang.

1909: Ito Hirobumi, mantan perdana menteri Jepang yang kemudian mejabat sebagai kepala administrator Korea, dibunuh oleh seorang nasionalis Korea; peristiwa ini memicu aneksasi Jepang atas Korea pada tahun 1910.

1905: Sebuah perjanjian pemisahan memisahkan Swedia dengan Norwegia, yang merdeka untuk pertama kalinya sejak Abad Pertengahan.

1886: Patung Liberty, hadiah dari rakyat Perancis untuk rakyat Amerika Serikat, diresmikan di New York Harbor.

1861: Layanan pengiriman surat Amerika Serikat, pony ekspres, berakhir dua hari setelah selesainya pembangunan jalur telegraf darat.

1825: Kanal Erie dibuka di negara bagian New York, memungkinkan tongkang membawa kargo dari Samudera Atlantik melalui Sungai Hudson ke Danau Besar.

899: Alfred, satu-satunya raja Inggris yang disebut “Agung,” meninggal dunia; ia dihormati karena kepemimpinannya dalam perang melawan Denmark dan usahanya untuk mendidik orang-orang Inggris.

Komentar Anda