Peristiwa Penting yang Terjadi pada Tanggal 24 Oktober

Kilas Balik – Berikut adalah beberapa kejadian besar dalam sejarah yang terjadi di seluruh dunia pada tanggal 24 Oktober:

Kilas Balik Oktober

1998: Misi ruang angkasa Deep Space 1 diluncurkan; misi itu bertemu dengan asteroid 9969 Braille pada bulan Juli 1999 dan Comet Borrelly pada September 2001.

1973: Setelah 18 hari pertempuran, terpanjang sejak tahun 1948, Perang Arab-Israel dihentikan oleh PBB; perang itu menelan biaya sekitar 7 miliar dolar masing-masing untuk Mesir dan Israel, dari segi material dan kerugian dari penurunan produksi atau kerusakan.

1964: Bekas koloni Inggris Rhodesia Utara, yang telah menjadi bagian dari Federasi Rhodesia dan Nyasaland yang berumur pendek (dengan wilayah yang sekarang disebut Zimbabwe dan Malawi), merdeka dari Inggris sebagai Zambia.

1945: Piagam PBB diberlakukan; sekarang dikenal sebagai Hari PBB.

1918: Pada hari-hari terakhir Perang Dunia I, Italia menyerang garis Austria dalam Pertempuran Vittorio Veneto tetapi tertahan di Sungai Piave.

1917: Pasukan Jerman melancarkan serangan kuat pada Italia di Caporetto, dalam pertempuran Perang Dunia I ke-12 di sepanjang Sungai Isonzo; Italia di bawah Jenderal Luigi Cadorna dipukul mundur di sepanjang garis pertahanannya, kehilangan 40.000 tentara tewas dan terluka, serta ratusan ribu tahanan dan desertir.

1648: Sebagian besar perjanjian yang membentuk Perdamaian Westphalia, mengakhiri Perang Tiga Puluh Tahun, telah ditandatangani; selain ketentuan teritorial, Kekaisaran Romawi Suci mengakui kemerdekaan Swiss dan pangeran Jerman memperoleh hak formal untuk membentuk aliansi dan memilih agama mereka sendiri, membuat kaisar hanya memiliki sedikit kekuasaan.

Komentar Anda