Peristiwa Penting yang Terjadi pada Tanggal 23 Oktober

Kilas Balik – Berikut adalah beberapa kejadian besar dalam sejarah yang terjadi di seluruh dunia pada tanggal 23 Oktober:

Kilas Balik Oktober

1998: Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu dan pemimpin Palestina Yasser Arafat menandatangani perjanjian Wye River, ditengahi oleh Presiden AS Bill Clinton; perjanjian itu menyerukan penarikan pasukan Israel lebih lanjut dari Tepi Barat sebagai imbalan atas tindakan keras Nasional Otoritas Palestina terhadap terorisme.

1983: Bom mobil bunuh diri terjadi hampir simultan di markas Marinir AS di bandara Beirut dan barak Perancis di Beirut, menewaskan hampir 250 marinir AS dan 58 tentara Prancis; pemboman di Beirut ini kemudian dikaitkan dengan Hizbullah yang didukung Iran.

1956: Revolusi Hungaria dimulai ketika polisi menembaki para mahasiswa di Budapest yang memprotes kehadiran pasukan Soviet di negara mereka.

1944: Selama Perang Dunia II, Pertempuran Teluk Leyte dimulai saat Jepang meluncurkan serangkaian manuver angkatan laut kompleks (dan akhirnya gagal) untuk menghentikan pendaratan AS di pulau Leyte di Filipina yang diduduki Jepang; Pertempuran empat hari yang terjadi kemudian adalah pertempuran angkatan laut terbesar sepanjang masa.

1942: Jenderal Inggris Bernard Montgomery memulai serangan terhadap Jerman di El Alamein, Afrika Utara; pertempuran itu, yang merupakan kemenangan menentukan bagi Angkatan Darat Kedelapan Inggris, adalah titik balik dalam Perang Dunia II.

1918: Pada hari-hari terakhir Perang Dunia I, pertukaran pesan antara pemerintah Jerman dan AS menghasilkan desakan Presiden AS Woodrow Wilson bahwa Sekutu tidak akan menegosiasikan gencatan senjata dengan rezim militer yang ada di Jerman.

1911: Selama Perang Italo-Turki di Afrika Utara, Italia mengirim pesawat untuk pengintaian, penggunaan pesawat terbang pertama dalam masa perang.

Komentar Anda