Peristiwa Penting yang Terjadi pada Tanggal 22 Oktober

Kilas Balik – Berikut adalah beberapa kejadian besar dalam sejarah yang terjadi di seluruh dunia pada tanggal 22 Oktober:

Kilas Balik Oktober

1979: Pemerintah AS menerima Muhammad Reza Shah Pahlavi, raja Iran digulingkan, ke Amerika Serikat untuk perawatan medis; hal ini memicu protes di Iran yang menyebabkan krisis sandera Iran.

1962: Selama Krisis Rudal Kuba, presiden AS John F. Kennedy menyampaikan ultimatum publik pada Uni Soviet dengan mendeklarasikan “karantina” atau blokade laut pada Kuba dan menuntut penarikan semua rudal ofensif yang ditempatkan di sana oleh pemerintah Soviet.

1934: Perampok bank dan pembunuh Amerika, Pretty Boy Floyd, dibunuh oleh agen-agen FBI; Floyd bagaikan pahlawan di era Depresi -beserta Dust Bowl- di Oklahoma, di mana ia dianggap sebagai Robin Hood.

1884: International Meridian Conference, pertemuan di Washington, D.C., mengadopsi sistem zona waktu internasional, menggunakan 24 meridian bujur standar, dengan meridian utama (0°) membentang melalui Greenwich.

1844: “Kekecewaan Besar” terjadi di antara pengikut William Miller, yang telah meramalkan hari ini sebagai hari bagi Kedatangan Kedua Kristus; meskipun prediksi ini dan sebelumnya salah, beberapa pengikut Milleri tetap bertahan dalam harapan mereka, dan satu kelompok berkembang menjadi Advent Hari Ketujuh.

1797: André J. Garnerin menyelesaikan parasut pertama di dunia; ia memotong parasut lepas dari balon di ketinggian 915 meter dan turun dengan aman ke tanah.

Komentar Anda