Peristiwa Penting yang Terjadi pada Tanggal 21 Oktober

Kilas Balik – Berikut adalah beberapa kejadian besar dalam sejarah yang terjadi di seluruh dunia pada tanggal 21 Oktober:

Kilas Balik Oktober

1969: Willy Brandt menjadi kanselir Jerman Barat, menuju pemerintahan Sosial Demokrat pertama dalam sejarah Republik Federal Jerman; ia meluncurkan kebijakan Ostpolitik, mencari jalan untuk menormalisasi hubungan dengan Polandia dan Jerman Timur.

1944: Selama Perang Dunia II, Angkatan Darat Pertama AS menguasai Aachen, kota pertama dalam batas-batas Jerman sebelum perang yang jatuh ke tangan Sekutu.

1805: Dalam Pertempuran Trafalgar, armada Inggris yang terdiri atas 27 kapal pimpinan Laksamana Horatio Nelson mengalahkan 33 kapal dari armada gabungan Perancis-Spanyol dengan menerobos garis pertempuran Perancis dan menangkap 17 darinya; pertempuran yang menentukan dari Perang Napoleon ini menghancurkan rencana Napoleon untuk menyerang Inggris tetapi juga merenggut nyawa Nelson.

1879: Thomas Alva Edison memamerkan penemuan legendarisnya, lampu pijar praktis pertama.

1797: Kapal Constitution, yang disebut “Ironsides Old” karena peluru tidak bisa menembusnya, diluncurkan; kapal ini adalah salah satu yang pertama dari enam kapal frigat asli yang membentuk Angkatan Laut Amerika Serikat.

1520: Dalam perjalanan ke seluruh dunia, kapal-kapal Ferdinand Magellan memasuki daerah yang kemudian disebut Selat Magellan, memulai perjalanan selama sebulan dari Samudera Atlantik ke Samudera Pasifik.

Komentar Anda