Alkohol Sumbang 40% Kematian karena Penyakit Liver

Sebuah lompatan mengejutkan dalam jumlah orang yang meninggal dunia karena penyakit liver (hati) dipicu oleh peningkatan konsumsi alkohol, menurut studi kasus yang diselenggarakan Public Health England (PHE). Studi regional pertama tentang penyakit yang dapat dicegah itu mengungkapkan ada peningkatan 40% kematian selama 12 tahun terakhir, dan pria dua kali lebih mungkin terdiagnosis ketimbang perempuan.

Alkohol tingkatkan penyakit liver

Di Inggris, perubahan jam buka pub dan tingkat konsumsi alkohol yang lebih tinggi secara langsung terkait dengan peningkatan angka kematian yang “cepat dan mengejutkan”, menurut Prof. Julia Verne, yang memimpin penelitian PHE itu. Studi ini menemukan sebuah pembagian wilayah utara-selatan yang mencolok. Lebih dari empat kali lipat pria dewasa meninggal dunia akibat penyakit liver di Blackpool (58,4 per 100.000 orang) ketimbang di Bedfordshire tengah (13 per 100.000 orang).

Hasil ini menunjukkan variasi yang signifikan dalam kematian di seluruh negeri akibat penyakit liver (satu-satunya penyebab utama kematian dan penyakit yang meningkat di Inggris, tapi menurun di seluruh Eropa). Di samping variasi dalam tingkat kematian, ada variasi besar dalam jumlah pasien penyakit liver yang dirawat di rumah sakit.

Para ahli kesehatan telah menjelaskan kematian akibat penyakit liver di Inggris sebagai epidemi yang berkembang. Ini adalah “pembunuh besar” kelima di Inggris dan Wales, setelah penyakit jantung, kanker, stroke, dan penyakit pernapasan. Antara tahun 2001 dan 2012, jumlah orang yang meninggal karena penyakit liver di Inggris meningkat dari 7.841 menjadi 10.948 orang, atau sekitar 40%.

Sementara sekitar 5% dari penyakit liver disebabkan oleh gangguan autoimun (penyakit yang ditandai dengan fungsi sistem kekebalan tubuh yang tidak normal), penyakit liver paling banyak disebabkan karena tiga faktor risiko utama: alkohol, obesitas, dan virus hepatitis.

“Penyakit liver merupakan prioritas kesehatan masyarakat karena kehidupan kaum muda kini sedang terancam,” kata Verne. “Semua penyebab yang seharusnya bisa dicegah sedang meningkat, tetapi alkohol menyumbang 37% dari kematian akibat penyakit liver. Kita harus berusaha lebih keras untuk meningkatkan kesadaran, nasional dan lokal, dan inilah mengapa sangat penting bagi masyarakat dan kaum profesional kesehatan untuk memahami gambaran lokal mereka.”

Antara tahun 2001-03 dan 2010-12, rata-rata jumlah orang per tahun yang meninggal dengan penyebab terkait penyakit liver di Blackpool meningkat dari 58 menjadi 64 orang. Tingkat pasien alkohol yang dirawat di rumah sakit Blackpool tertentu tahun 2012-13 juga jauh lebih tinggi dari rata-rata di Inggris, baik pria maupun wanita.

Komentar Anda