The Heirs from the Star, Sebuah Drama Imitasi China

Para pecinta drama Korea mungkin merasa tak asing dengan judul di atas. Ya, itu sebenarnya adalah gabungan antara dua drama populer Korea, The Heirs yang dibintangi Lee Min-ho dan Park Shin-hye, serta My Love from the Star yang dibintangi Jun Ji-hyun dan Kim Soo-hyun. Hanya saja, The Heirs from the Star adalah produk drama imitasi dari China.

Poster The Heirs from the Star

Miniseri yang terdiri atas 10 episode ini memicu kontroversi di Korea. Banyak kalangan berpendapat bahwa drama ini murni adalah karya plagiat, terutama mengingat popularitas The Heirs dan My Love from the Star yang luar biasa, termasuk di China sendiri. The Heirs from the Star sudah ditayangkan di website drama China iQIYI sejak 19 September lalu.

Hebatnya lagi, para produser dengan percaya diri mengungkapkan akan merilis The Heirs from the Star versi Korea, alias yang sudah didubbing bahasa Korea. Mereka berharap bisa menjual drama ini di website streaming Korea.

Sayangnya, drama ini menuai banyak ledekan dari berbagai pihak terkait nilai-nilai produksinya. Penonton China bahkan menggambarkan drama ini seolah sebagai “makanan campuran antara McDonalds dan KFC”.

Pihak produser mengungkapkan mereka kini tengah mencari lagu tema yang pas dan penyanyi Korea yang bisa menyanyikannya. Yoo Hyun-bo dari HB Entertainment yang My Love from the Star berkomentar, “Kami belum melihat itu dan kami tidak akan tertipu oleh hype.”

Sedangkan Nam Sung-hyun dari Komisi Hak Cipta Korea memiliki pandangan yang lebih lunak. “Ini memang tidak masuk akal, tapi hal semacam ini akan lebih sering terjadi karena pertukaran (budaya) antara Korea dan China kian meningkat,” katanya.

Komentar Anda