Peristiwa Penting yang Terjadi pada Tanggal 19 Oktober

Kilas Balik – Berikut adalah beberapa kejadian besar dalam sejarah yang terjadi di seluruh dunia pada tanggal 19 Oktober:

Kilas Balik Oktober

1993: Setelah partainya menang tipis dalam pemilu, Benazir Bhutto menjadi perdana menteri Pakistan untuk kedua kalinya, menuju pemerintahan koalisi.

1982: Pemerintah Inggris menghentikan subsidi dan menutup pabrik di Irlandia Utara yang memproduksi mobil sport mewah, DeLorean; pemilik perusahaan Amerika itu, John De Lorean, ditangkap pada hari yang sama di Los Angeles dan didakwa karena bersekongkol untuk mengimpor dan menjual obat-obatan, dalam upaya terakhir untuk mengumpulkan dana bagi bisnisnya (dia dibebaskan).

1967: Pesawat antariksa AS Mariner 5 terbang menuju Venus dalam jarak 3.991 km; misi ini mengonfirmasi batas rendah atas kekuatan medan magnetik, menyediakan beberapa data pada komposisi atmosfer, dan mendeteksi hidrogen korona yang bersinar sekitar 2.900 km di atas planet ini.

1950: Selama Perang Korea, ibukota Korea Utara Pyongyang jatuh ke pasukan PBB saat mereka bergerak ke utara hampir tanpa perlawanan.

1812: Napoleon I dan tentara Perancisnya mengevakuasi Moskow setelah Rusia membakar 80% kota itu.

1781: Di Yorktown, Va, jenderal Inggris yang kalah, Charles Cornwallis, menyerahkan hampir 8.000 pasukannya kepada 17.000 tentara Franco-Amerika, dan Revolusi Amerika berakhir.

1469: Raja masa depan Spanyol, Isabella I dari Kastilia dan Ferdinand II dari Aragon, menikah di Valladolid; pernikahan ini membawa penyatuan politik Spanyol.

Komentar Anda