Samsung Temukan Cara Percepat Wi-Fi Lima Kali Lipat

Jika berbicara soal teknologi Wi-Fi, maka ada dua jenis kecepatan: teoritis dan aktual. Karena banyaknya elemen dunia nyata seperti dinding dan peralatan rumah tangga, bandwidth jaringan maksimum yang Anda lihat di boks router tidak pernah tercapai. Namun Samsung memberikan solusinya. Perusahaan teknologi raksasa ini mengklaim telah mengembangkan teknologi Wi-Fi 60 GHz yang akan menjembatani kesenjangan antara kecepatan Wi-Fi teoritis dan aktual.

Ponsel samsung

Samsung mengatakan teknologi Wi-Fi mereka akan menjadi pelopor kecepatan transmisi data hingga 4,6 gigabit per detik (Gbps), atau 575 megabit (MB) per detik. Kecepatan ini lima kali lebih cepat dari kecepatan Wi-Fi untuk perangkat elektronik umum saat ini, yakni sekitar 866 megabit per detik (Mbps), atau 108 MB per detik.

Jadi misalnya, film berukuran 1 gigabit (GB) dapat ditransfer antar perangkat dalam waktu kurang dari tiga detik, dan video HD yang tidak dikompres dapat ditonton secara streaming dari perangkat mobile hingga TV secara real time.

“Berbeda dengan teknologi Wi-Fi 2,4 GHz dan 5 GHz yang ada, teknologi Wi-Fi 802.11ad standard 60 GHz milik Samsung mempertahankan kecepatan maksimum dengan menghilangkan berbagai gangguan, terlepas dari berapa banyak perangkat yang menggunakan jaringan yang sama,” jelas Samsung.

Samsung mengatakan telah memecahkan masalah ‘pembunuh’ kecepatan yang ada dalam gelombang milimeter dengan memanfaatkan antena yang disebut wide-coverage beam-forming dan kontrol teknologi micro beam-forming. Perusahaan ini berharap bisa mengintegrasikan Wi-Fi teknologi baru ini dalam berbagai macam produk, seperti perangkat audiovisual, peralatan medis, dan peralatan telekomunikasi. Samsung kemungkinan akan memasarkan spektrum pita Wi-Fi 60 GHz yang belum berlisensi ini pada awal tahun depan, sedikit lebih lambat dari yang diharapkan.

Komentar Anda