Peristiwa Penting yang Terjadi pada Tanggal 16 Oktober

Kilas Balik – Berikut adalah beberapa kejadian besar dalam sejarah yang terjadi di seluruh dunia pada tanggal 16 Oktober:

Kilas Balik Oktober

2002: Referendum di Irak mendukung presiden Saddam Hussein untuk meneruskan jabatan selama tujuh tahun; rezim ini mengklaim bahwa ia menerima suara dukungan dari setiap pemilih Irak yang memenuhi syarat.

1995: Million Man March, diselenggarakan oleh Nation of Islam di bawah pimpinan Louis Farrakhan, berlangsung di Washington, D.C., dengan beberapa ratus ribu orang Afrika-Amerika ikut hadir.

1978: Kardinal Karol Wojtyla terpilih menjadi paus, mengambil nama Yohanes Paulus II; ia adalah Paus Polandia pertama dan paus non-Italia pertama sejak abad ke-16.

1973: Henry A. Kissinger dan Le Duc Tho mendapat Nobel Perdamaian (Tho menolak untuk menerimanya); pada hari yang sama di tahun 1998, David Trimble dan John Hume memenangkan hadiah itu.

1964: Cina menguji coba bom atom pertamanya di Lop Nor, daerah dataran rendah rawa-rawa garam di Tarim Basin provinsi Xinjiang selatan.

1946: Sepuluh dari 12 pemimpin Nazi yang dihukum mati karena kejahatan perang di Pengadilan Nuremberg dieksekusi dengan digantung, termasuk Wilhelm Keitel, Joachim von Ribbentrop, dan Alfred Rosenberg.

1941: Selama Perang Dunia II, Perdana Menteri Jepang Fumimaro Konoe, yang telah mencoba berkompromi dengan Amerika Serikat, mengundurkan diri dan digantikan oleh yang lebih agresif Hideki Tojo, yang akan mengotorisasi serangan terhadap Pearl Harbor.

1846: Dokter gigi Amerika, William Morton, secara publik menunjukkan penggunaan eter sebagai anestesi dalam operasi di Rumah Sakit Umum Massachusetts di Boston; Dr. John C. Warren mampu mengangkat tumor dari rahang pasien yang tidak sadar itu tanpa rasa sakit.

1793: Marie Antoinette, ratu permaisuri Raja Louis XVI, dieksekusi karena pengkhianatan selama Revolusi Perancis.

Komentar Anda