Cara Memberi Makan Anak Kucing yang Benar

Anak kucing sangat imut dan menyenangkan untuk dipelihara. Mereka menghabiskan banyak waktunya untuk tidur nyenyak dan sisanya bermain-main di dalam rumah. Mereka tumbuh dengan cepat. Di situlah kebutuhan makan mereka ikut bermain. Mereka membutuhkan makanan lebih banyak daripada kucing dewasa untuk menyuplai energi dan meningkatkan bobotnya.

Memberi makan anak kucing

Anak kucing berumur kurang seminggu perlu makan sekali setiap satu sampai dua jam, menurut ASPCA, organisasi perlindungan binatang. Antara minggu kedua dan ketiga, Anda secara bertahap harus menguranginya setiap dua sampai tiga jam sekali. Antara minggu ketiga dan keenam, anak kucing membutuhkan makan empat sampai enam kali setiap hari.

Induk kucing yang sehat dan menyusui akan menangani makan anak-anaknya selama beberapa minggu pertama; penyapihan akan dimulai sekitar minggu keempat. Jika Anda merawat anak kucing yang tak punya induk, berikan asupan susu melalui botol sebagai pengganti susu kucing sesering yang biasanya dilakukan induk kucing. Memelihara anak kucing yang baru lahir dengan benar adalah sebuah komitmen besar tapi bermanfaat.

Awal penyapihan

Menurut ASPCA, anak kucing biasanya siap untuk mulai makan makanan padat ketika mereka berusia sekitar satu bulan. Menyapih dimulai sekitar 1 bulan dan biasanya berakhir ketika mereka berusia antara 8 sampai 10 minggu. Sampai penyapihan membuatnya kenyang, induk kucing masih akan merawatnya, meskipun bukan kebutuhan rutin.

Jika anak kucing Anda siap untuk mulai makan makanan padat, pastikan memberinya makanan komersial kucing yang khusus untuk anak kucing. Permudah anak kucing makan makanan padat dengan mencampurkan makanannya dengan susu formula kucing hangat agar sedikit lembut. Tekstur lembut cocok untuk anak-anak kucing yang tak terbiasa dengan apapun selain susu atau susu formula anak kucing.

Anak kucing besar

Ketika kucing Anda berusia 6 minggu hingga 3 bulan, dia bisa makan empat kali sehari. Setelah dia menginjak usia 3 bulan, beri makan hanya tiga kali sehari dan jaga frekuensi itu sampai ia sampai ke titik setengah tahun.

Kucing dewasa

Setelah anak kucing Anda berusia sekitar 6 bulan, Anda bisa mengurangi susunya sehari-hari hingga menjadi dua sesi saja. Jangan lupa untuk mendiskusikan frekuensi pakan yang tepat dengan dokter hewan berkaitan dengan kondisi kesehatannya. Ketika kucing Anda berusia sekitar 1 tahun, Anda dapat mulai memberinya makan makanan kucing dewasa. Jaga frekuensi makan dua kali sehari.

Anak kucing perlu makan lebih sering daripada kucing dewasa untuk membantunya di masa pertumbuhan. Anak kucing juga membutuhkan jumlah energi yang lebih tinggi dalam makanan mereka dibandingkan dengan kucing dewasa.

Komentar Anda