Peristiwa Penting yang Terjadi pada Tanggal 15 Oktober

Kilas Balik – Berikut adalah beberapa kejadian besar dalam sejarah yang terjadi di seluruh dunia pada tanggal 15 Oktober:

Kilas Balik Oktober

1997: Andy Green memecahkan rekor kecepatan darat (1,227.99 km/jam) di Black Rock Desert di Nevada, mengalahkan hambatan suara untuk kali ketiga dan keempat dalam tiga hari.

1994: Jean Bertrand Aristide, presiden Haiti yang dipilih secara bebas untuk pertama kalinya, yang telah digulingkan dan diasingkan delapan bulan setelah terpilih pada tahun 1991, kembali berkuasa di bawah perlindungan AS.

1990: Pemimpin Soviet Mikhail Gorbachev diumumkan menjadi pemenang Nobel Perdamaian; pada hari yang sama di tahun 1993, hadiah itu diberikan pada pemimpin Afrika Selatan Nelson Mandela dan F.W. de Klerk, dan pada hari yang sama di tahun 1999, diberikan pada organisasi bantuan Doctors without Borders.

1950: Saat pasukan PBB bergerak maju di paralel ke-38 selama Perang Korea, Presiden AS Harry Truman bertemu dengan Jenderal Douglas MacArthur di Pulau Wake; MacArthur optimis tentang kemenangan awal dan menyatakan bahwa Cina tidak akan campur tangan.

1944: Selama Perang Dunia II, pemimpin Hungaria Laksamana Miklós Horthy de Nagybánya mengumumkan bahwa Hungaria, sebelumnya sekutu Jerman, telah menyimpulkan perdamaian terpisah (diam-diam bernegosiasi) dengan Sekutu; ia segera dipenjarakan oleh Jerman.

1917: Mata Hari, penari erotis Belanda yang dituduh mata-mata Jerman selama Perang Dunia I, dieksekusi oleh Perancis.

1582: Dengan diperkenalkannya kalender Gregorian di benua Eropa, hari ini -hari Jumat, 15 Oktober- langsung mengikuti setelah Kamis 4 Oktober, di bawah kalender Julian lama.

Komentar Anda