Peristiwa Penting yang Terjadi pada Tanggal 14 Oktober

Kilas Balik – Berikut adalah beberapa kejadian besar dalam sejarah yang terjadi di seluruh dunia pada tanggal 14 Oktober:

Kilas Balik Oktober

2003: China meluncurkan pesawat ruang angkasa berawak pertamanya, dengan astronot Yang Liwei di dalamnya; pesawat itu mengorbit bumi 14 kali dan mendarat di padang rumput Mongolia pada tanggal 15 Oktober.

1964: Pemimpin hak-hak sipil di Amerika Martin Luther King, Jr, dinobatkan sebagai pemenang Hadiah Nobel Perdamaian; Elie Wiesel, korban Holocaust, memenangkan hadiah pada hari yang sama pada tahun 1986, dan pejuang demokrasi Burma, Aung San Suu Kyi, menang pada hari yang sama pada tahun 1991.

1947: Kapten Angkatan Udara AS, Chuck Yeager, menjadi manusia pertama yang bergerak lebih cepat dari kecepatan suara saat ia memecahkan hambatan suara (1066 km/jam) pada ketinggian 12.000 meter di pesawat penelitian Bell X-1.

1944: Jenderal brillian Jerman, Erwin Rommel, melakukan bunuh diri; terlibat dalam komplotan untuk membunuh Adolf Hitler, dia diberi pilihan untuk bunuh diri, yang akan dilaporkan sebagai kematian akibat luka yang diterimanya sebelumnya, atau eksekusi karena pengkhianatan.

1943: Sekelompok narapidana Yahudi di kamp pemusnahan Jerman di Sobibor, Polandia, memberontak dan membunuh sejumlah penjaga; lebih dari 300 tahanan melarikan diri, kebanyakan dari mereka diburu dan dibunuh, tetapi sekitar 50 orang berhasil lolos.

1939: Enam minggu menuju Perang Dunia II, U-boat Jerman menembus pertahanan Scapa Flow, pangkalan angkatan laut Inggris di Kepulauan Orkney, dan menenggelamkan kapal perang Royal Oak; 833 nyawa melayang.

1933: Pemerintah Nazi mengumumkan penarikan Jerman dari Perlucutan Konferensi Jenewa dan dari Liga Bangsa-Bangsa.

1066: William I, duke Normandia, mengalahkan Inggris dalam Pertempuran Hastings dan memulai Penaklukan Norman atas Inggris.

Komentar Anda